Meriahnya Grebek Maulid di Surabaya, Ada Pawai dan Gunungan Hasil Tani

 



Surabaya,  tjahayatimoer.net  - Warga RW 6 Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Surabaya merayakan Maulid Nabi Muhammad dengan meriah. Mereka mengadakan Grebek Maulid.

Ketua RW 06 Keluruhan Rangkah mengatakan, Grebek Maulid ini merupakan agenda rutin. Menariknya, tradisi ini tak hanya diikuti oleh umat muslim, namun warga beragama lainnya yang tinggal di sana.

"Acara tahunan ini sudah berlangsung 7 tahun. Alhamdulillah didukung masyarakat sekitar. Tiap tahun ada peningkatan, ada toleransi lintas agama, seperti ada tradisi China yang juga dibawakan," ujar Sigit 

Sigit mengatakan, total ada 850 peserta yang berpartisipasi. Mereka berasal dari 7 RT, serta berbagai organisasi masyarakat dan lembaga.

Untuk menyemarakkan Grebek Maulid ini, warga mengikuti pawai yang terbagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menggunakan berbagai kostum dan membawakan penampilan masing-masing.

Ada yang membawakan tari sufi, barongsai, kostum merak, hingga pakaian tradisional. Ada pula yang membawakan hadrah untuk melantunkan selawat sepanjang jalan saat pawai.

Kemudian, terdapat 15 gunungan berisi hasil pertanian seperti umbi-umbian, sayur, maupun buah-buahan yang dibawakan oleh warga. Gunungan ini dihias dengan cantik dan diarak saat pawai.

Di tengah pelaksanaan pawai, warga juga berkesempatan mengambil gunungan hasil tani tersebut.

Salah satu warga yang mendapatkan hasil gunungan ini, Dwi Pepi mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan kemeriahan Grebek Maulid di kampungnya. Pepi mendapatkan sayur seledri yang bisa digunakannya untuk memasak.

"Senang lihat ini, antusias seru. Ada anak-anak PAUD, banyak. Semoga dilanjutkan terus," kata Pepi.

Adapun rute pawai dari Grebek Maulid ini yakni Jalan Rangkah Buntu II, kemudian keluar ke Jalan Raya Kenjeran, masuk ke Jalan Tambak Segaran, Jalan Rangkah II, dan kemudian kembali ke Jalan Raya Kenjeran.(Red.AL)

Posting Komentar

0 Komentar