Gunung Semeru Erupsi Pagi Ini, Semburkan Abu Vulkanik hingga 300 Meter

  


Lumajang, tjahayatimoer.net -  Jawa Timur kembali mengalami erupsi oleh Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang. Letusan tersebut terjadi pada pukul 06.11 WIB dengan kolom abu teramati setinggi 300 meter.

Saat laporan dibuat, erupsi Gunung Semeru masih berlangsung. Hingga kini, status Gunung Semeru masih berada di level 2 atau waspada.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan.

"Erupsi Gunung Semeru terjadi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 300 meter di atas puncak. Status masih waspada," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto dalam laporan tertulisnya, Jumat (20/9/2024).

Petugas merekomendasikan kepada warga agar tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 8 kilometer dari puncak dan 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Sungai Besuk Kobokan.

Selain itu, juga mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru, terutama Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat.

"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktifitas sejauh 8 kilometer dari puncak serta mewaspadai potensi APG, guguran lava dan lahar," pungkas Liswanto. (Red.N)

Posting Komentar

0 Komentar