Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Gelar Acara "Inspiration Art of Tegowangi


Kediri, tjahayatimoer.net – Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri menggelar acara seni kolaboratif bertajuk "Inspiration Art of Tegowangi" yang berlangsung di area Candi Tegowangi, Desa Tegowangi, Pelemahan, Rabu (18/9/2024). Acara ini dimulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dan dihadiri oleh masyarakat setempat serta para pecinta seni.

Kegiatan ini menampilkan berbagai pertunjukan seni, termasuk tarian tradisional, musik, dan pameran seni rupa, yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya lokal.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, Ir. Adi Suwignyo, M.Si menyatakan harapannya agar acara ini dapat menginspirasi generasi muda serta meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi kawasan tersebut.


"Kegiatan ini merupakan festival yang diselenggarakan ketiga kalinya, dimana kita harus mempromosikan dan menggelorakan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Kediri yang merupakan bagian dari melestarikan budaya," ungkapnya.


"Salah satu langkah adalah melaksanakan festival ini. Acara ini adalah salah satu bentuk langkah promosi dan mengenalkan warisan budaya kita," imbuhnya.

Acara selanjutnya, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa menyampaikan sambutan Bupati Kediri. "Kegiatan hari ini adalah pelaksanaan tahun ketiga dan diharapkan bisa sebagai sarana ruang berkarya dan berkreasi para kreator seni di kabupaten Kediri untuk mampu bersaing di bidang kepariwisataan dan kebudayaan," tuturnya.


"Tahun ketiga berarti mas Bupati sangat berkomitmen dan berkonsentrasi memajukan dan melestarikan warisan budaya," lanjutnya.

"Candi tegowangi merupakan salah satu warisan dari sekian banyak peninggalan leluhur kita yang tak ternilai harganya untuk itu marilah kita jaga dan kita rawat bersama agar anak cucu kita nanti tetap bisa mewarisi dan menyaksikan," pungkasnya.

Dalam acara ini masyarakat antusias menyaksikan penampilan para seniman, yang menunjukkan kreativitas dan keindahan seni di malam hari. Dengan latar belakang Candi Tegowangi yang megah, suasana acara menjadi semakin magis. Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebagai upaya dalam mempromosikan warisan budaya daerah.


Acara "Inspiration Art of Tegowangi" diharapkan menjadi agenda tahunan yang dapat menarik lebih banyak pengunjung dan memperkuat identitas budaya Kabupaten Kediri.(Red.Tim)

Posting Komentar

0 Komentar