Polres Kediri Kota Kerahkan 576 Personel untuk Pengamanan Pilkada

 


 

KEDIRI,   – Polres Kediri Kota siap mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Sebanyak 576 personel akan dikerahkan untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut.

Kabag Ops Polres Kediri Kota AKBP Abraham Sissik, mengatakan akan melakukan pemetaan kerawanan yang ada di Kota Kediri.

“Kami harus pastikan semua tahapan Pilkada nanti bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar dan damai,” ungkap Abraham saat dikonfirmasi pada Rabu (31/8).

Selain memetakan titik rawan, Polres Kediri Kota juga melaksanakan TFG (Tactical Floor Game) dan Gladi Parsial dalam rangka Sispamkota Pilkada serentak 2024.

Hal itu untuk memastikan kesiapan personel gabungan yang terlibat.

Dalam TFG nanti, disiapkan berbagai skenario pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Mulai situasi kamtibmas jelang Pilkada hingga tahap sidang pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil pemungutan suara.

Termasuk skenario di saat situasi massa yang sangat genting atau tidak terkendali. Perlu back up pengamanan dari unsur Satbrimob Polda Jatim dan TNI. Semuanya siap diturunkan sewaktu-waktu.

“Kami juga melakukan cooling system dengan menggandeng Bhabinkamtibmas,” jelas Abraham.

Lebih lanjut, seluruh personel yang terlibat operasi wajib mengetahui beberapa indikator yang harus dicapai.

Pemilu berlangsung aman dan lancar sesuai ketentuan yang berlaku. Baik aspek keamanan maupun timeline yang telah ditentukan.

“Tantangan yang dihadapi dan perlu diantisipasi adalah polarisasi akibat perbedaan pilihan di masyarakat,” ujarnya.

Meski demikian pola pendekatan yang dilakukan polisi akan lebih menggunakan pendekatan kepada masyarakat.

Bhabinkamtibmas nantinya juga bekerjasama dengan Polisi RW (gabungan dari beberapa fungsi). Yang bertujuan untuk mendekat kepada masyarakat sehingga menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam harkamtibmas.(Red.AL)

Posting Komentar

0 Komentar