Prodi Teknologi Hasil Olahan Politani Samarinda, Tampilkan Kerajinan Tangan dari Rotan

  


SAMARINDA,  tjahayatimoer.net   – Pj Gubernur Kaltim Prof Dr Drs Akmal Malik melakukan acara panen bersama tanaman Holtikultura di Kampus Politeknik pertanian negeri (Politani) Samarinda, Rabu (12/6) pagi. Dalam agenda panen bersama tersebut, Pj Gubernur Kaltim juga mengunjungi berbagai hasil kerajinan tangan para Mahasiswa dan Mahasiswi dari Program studi Teknologi Hasil Olahan Politani Samarinda.

Dosen Prodi Teknologi hasil olahan Politani Samarinda, Atak Sumedi menyampaikan ini merupakan mata kuliah kerajinan rotan atau teknik pengolahan rotan. Ini merupakan hasil program PBL, yang mana mahasiswa diharuskan setiap mahasiswa memproduksi satu produk. “Jadi yang kita tampilkan hari ini murni asli olahan mahasiswa. Kita tugasnya hanya mengarahkan dan mengajari ada Teknik – Teknik penganyaman dan finising dari bahan non kayu murni rotan,” jelasnya.

Atak berharap, kedepan kan rotan semakin susah di dapat. Karena masyarakat cenderung ke batu bara dan kayu dan lain sebagainya. “Sehingga kita kesulitan di bahan baku akhirnya produk rotan menurun dan berimbas pada harga yang mahal akbiat dari bahan baku yang tidak tersedia atau langka,” harapnya.

Sementara itu, Akmal Malik memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang menunjukkan semangat yang tinggi dalam membuat kerajinan tangan hasil olahan berbahan baku dari rotan. “Saya sangat mendukung para mahasiswa dan para dosen ini. Karena dalam proses pembuatan hasil olahan keranjang dari rotan membutuhkan tingkat kesabaran dan skill yang bagus. Untuk itu sekali lagi saya memberikan apresiasi kepada para mahasiswa di kampus Politani Samarinda,” pungkasnya. (red.Al)


Posting Komentar

0 Komentar