Nurul Akmal Atlet Ke-21 Indonesia yang Lolos ke Olimpiade 2024

 


Indonesia,  tjahayatimoer.net  - Lifter Nurul Akmal menjadi atlet ke-21 Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kepastian ini didapatkan Nurul setelah International Weighlifting Federation (IWF) mengeluarkan rilis pada Senin (3/6/2024). Nurul yang menempati posisi ke-11 dunia di kelas +81 lolos ke Paris setelah mendapatkan realokasi tiket dari zona kontinental Asia. “Jadi memang ini pengumumannya agak terlambat, karena kasusnya di kelas Amel sudah terwakilkan 5 benua yang akan tampil di Paris 2024," kata Kepala Pelatih Timnas Angkat Besi, Dirdja Wihardja, dalam keterangan yang diterima Kompas.com. "Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya," kata Dirdja menambahkan. "Dalam kategori berat yang sama (apa pun benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” ucapnya.

Akmal akan membela Merah Putih untuk kedua kalinya di ajang Olimpiade. Partisipasi pertamanya adalah ketika mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, atlet asal Aceh ini finis urutan kelima di kelas +87 dengan angkatan snatch 115 kg dan clean and jerk 141 kg. Dirdja mengungkapkan akan mempersiapkan atlet angkat besi yang lolos ke Olimpiade semaksimal mungkin agar bisa memberikan yang terbaik di Paris mendatang. "Lifter Indonesia jarang yang lolos di kelas berat. Ini penampilan kedua Amel, semoga bisa memberikan yang terbaik dan kami akan memberikan dukungan dari segala sisi untuk Amel dan tim angkat besi Indonesia,” ujar Dirdja.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, berharap Amel bisa memberikan yang terbaik untuk Merah Putih. “Pengumuman resmi Amel lolos ke Olimpiade dari IWF ini menjadi salah satu yang kami tunggu. Selain masih ada beberapa cabor lain yang masih kualifikasi dan kami tunggu juga pengumuman resmi kelolosannya,” ujar Okto,  “Semoga Amel bisa memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang sudah ada support system dari suaminya yang menjadi motivasi baru dan spesial buat Amel di Paris nanti,” tuturnya menambahkan.


Posting Komentar

0 Komentar