Daging Kurban di Istiqlal Dibagi Pakai Kantong Plastik Berbahan Ubi-Bambu


Jakarta , tjahayatimoer.net- Masjid Istiqlal menerapkan sistem ramah lingkungan dalam pelaksanaan kurban pada Idul Adha 1445 H. Panitia kurban Istiqlal membagikan daging kurban kepada masyarakat menggunakan kantong plastik berbahan ubi dan bambu.

"Oh iya, plastik yang kami gunakan juga plastik ramah lingkungan, itu bahan bakunya dari ubi, ada yang dari bambu. Jadi sehari sudah terurai dia. Nggak, bukan plastik yang konvensional yang biasa kita pakai," kata Ketua Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, di rumah pemotongan hewan (RPH), Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2024). Dia mengatakan plastik yang digunakan dapat terurai dengan cepat. Hewan kurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar, panti asuhan, hingga rumah tahfiz.

Sebagai informasi, ada 72 ekor hewan kurban yang disembelih dan dibagikan kepada 25 ribu warga di sekitar Istiqlal. Hewan kurban itu terdiri atas 60 ekor sapi dan 12 ekor kambing. "Teman-teman sekalian, hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia, kemudian ada 12 ekor kambing dan akan didistribusikan kepada 225 proposal. Kalau dihitung, jumlah jiwanya ada 25 ribu," kata juru bicara Masjid Istiqlal yang juga Kepala Bidang Riayah, Ismail Cawidu.

Ismail menyebut pendistribusian hewan kurban tak lagi menggunakan kupon. Dia mengatakan daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat panti asuhan hingga rumah tahfiz yang sudah terdaftar.(red.AL)


Posting Komentar

0 Komentar