PPDB Gelombang 1 Ditutup, Dinas Pendidikan Tuban Bakal Seleksi Ketat



Tuban,   tjahayatimoer.net  – Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD/SMP tahun ajaran 2024/2025 gelombang 1 telah ditutup, Dinas Pendidikan Tuban menyatakan proses seleksi semakin ketat. Jumat (31/04/2024).

Sebelumnya, seleksi PPDB dibuka pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2024 dan memperebutkan tiga jalur yang telah ditentukan, serta proses seleksi yang makin ketat untuk antisipasi penyelewengan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Abdul Rakhmat bahwa ada beberapa syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh kementerian yang hingga kini belum sepenuhnya dipahami oleh wali murid.

Maka dari itu, PPDB tahun 2024 semakin ketat dan minim penyelewengan seperti contohnya menitipkan anak ke KK orang lain agar terserap dalam zonasi sekolah yang diinginkan.

“Kaitannya zonasi yang sering menjadi masalah,” kata Kepala Dinas Pendidikan.


Ia menjelaskan, aturan tersebut sudah diatur oleh Kementerian kaitan dengan data kependudukan dan tahun ini sudah diperjelas, yakni dengan domisili yang harus satu KK dengan keluarga atau orang tua.

“Ada juga seperti jalur Perpindahan Orang Tua (POT) yang harus antar Kabupaten,” terang dia.

Dan hal itu dibuktikan dengan surat tugas dari instansi yang tidak lebih dari 1 tahun. Namun, harus berdomisili di Tuban. Menurut Rakhmat, jalur ini memiliki alokasi 5 persen dari pagu yang ditentukan.

“Yang pasti tidak ada lagi celah untuk titip-titip KK tante atau kerabat, bahkan teman dari orang tua,” bebernya.


Sehingga ia berharap, bagi wali murid yang masih belum mengetahui peraturan bisa datang langsung ke Dinas Pendidikan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Jika ada gelombang 1 ketiga jalur sudah terpenuhi, maka bisa mengikuti jalur zonasi, yang akan dilaksanakan mulai 6-8 Juni 2024,” pungkasnya. (red.Al)

Posting Komentar

0 Komentar