Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan dan Lingkungan Sekitarnya

 


Jakarta,   tjahayatimoer.net  - Tumbuhan memiliki peran penting dalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa tumbuhan, tidak akan ada lagi kehidupan yang ada di muka bumi ini. Hampir semua jenis tumbuhan berperan penting dalam kehidupan.

Sebagai produsen utama, semua organisme di dunia bergantung pada tumbuhan. Kebutuhan dasar hampir tidak bisa tersedia tanpa peran tumbuhan. Berikut penjelasannya

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
Dikutip dari buku Pasti Top Sukses Ujian SD/MI 2015 oleh Tim Ganesha Operation dan Tim Tunas Karya Guru, manfaat tumbuhan meliputi:

Sebagai bahan makanan, seperti padi, jagung, ketela pohon, ubi, buah-buahan, dan sayuran.
Sebagai bahan bangunan rumah dan perabot rumah tangga.
Bahan pembuat kain, seperti rami atau serat kayu tertentu.
Bahan pembuat obat, seperti kunyit, brotowali, kumis kucing, serai, sirih, jahe, temulawak, jambu batu dan mengkudu.
Penyerap karbon dioksida dan penyedia oksigen.
Manfaat Tumbuhan Bagi Hewan
Tumbuhan juga bermanfaat bagi hewan yang dikutip dari Byjus sebagai berikut:

Sumber makanan: Semua hewan bergantung pada tumbuhan, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk makanan.
Sumber oksigen: Oksigen yang dibutuhkan untuk respirasi hewan dihasilkan oleh tumbuhan.
Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan
Dikutip dari theimportantsite.com, ada beberapa manfaat tumbuhan bagi lingkungan, berikut di antaranya:


1. Tumbuhan menghasilkan oksigen
Melalui fotosintesis, tumbuhan mengambil karbon dioksida dan menciptakan udara yang kita hirup. Sebagian besar makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup.

2. Tumbuhan mendukung spesies lain
Tumbuhan tertentu, seperti maple gula, dikenal sebagai " tanaman batu kunci ". Ini berarti mereka memiliki efek besar yang tidak proporsional pada ekosistem, berfungsi sebagai rumah bagi banyak serangga dan spesies lainnya.

3. Tumbuhan adalah sumber makanan penting
Tanpa tanaman, pada dasarnya semua kehidupan akan mati kelaparan. Segala sesuatu mulai dari semut hingga manusia bergantung pada tumbuhan sebagai sumber bahan bakar utama mereka. Bahkan karnivora membutuhkan tumbuhan karena makanannya - hewan lain - memakan tumbuhan.

Tanpa nutrisi yang berasal dari benda hijau, kesehatan manusia sangat menderita. Gejala kurang makan sayuran termasuk masalah pencernaan, kelelahan, kram otot, sakit kepala, dan banyak lagi.

4. Tumbuhan membersihkan udara
Pada tahun 1989, NASA menemukan bahwa tanaman hias sehari-hari dapat menyerap racun dari udara, terutama di ruangan kecil dengan aliran udara terbatas. Ini memulai serangkaian penelitian panjang yang menunjukkan bahwa tanaman tertentu lebih baik daripada yang lain dalam membersihkan udara.

5. Tanaman membantu kualitas tanah
Pentingnya kualitas tanah sulit untuk dilebih-lebihkan. Tanpa tanah yang sehat, manusia tidak akan mampu menanam tanaman yang kita butuhkan untuk memberi makan diri kita sendiri dan hewan yang kita makan.

Kualitas tanah memiliki efek lain pada kesehatan ekosistem secara keseluruhan. Akar mereka dan mikroorganisme yang tertarik padanya menjaga tanah tetap bersama, mencegah erosi tanah, sementara kematian tanaman pada akhirnya menyuburkan tanah melalui dekomposisi.

6. Tumbuhan membantu mengatur siklus air
Siklus air yang sehat sangat penting bagi kehidupan di bumi. Tumbuhan memainkan peran besar dalam siklus ini dengan membersihkan dan mendistribusikan pasokan air. Melalui transpirasi, tumbuhan memindahkan air dari tanah ke akarnya, naik ke tubuhnya, dan kembali ke atmosfer.

Sesampai di sana, air terkumpul di awan dan kemudian kembali ke bumi melalui hujan. Peran tanaman dalam siklus air mungkin lebih signifikan dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dalam sebuah studi dari Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti dari Columbia Engineering menemukan bahwa vegetasi dan bukan hanya suhu atau curah hujan akan menentukan apakah kita hidup di dunia yang lebih basah atau lebih kering.

7. Tumbuhan berjuang melawan perubahan iklim
Tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Tumbuhan menyimpan CO2 untuk membangun jaringan baru. Ketika hutan ditebang, CO2 yang tersimpan dilepaskan. Ini penting karena karbon dioksida adalah salah satu gas rumah kaca utama yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Untuk mengurangi jumlah CO2 di atmosfer, sangat penting untuk melindungi kehidupan tumbuhan - terutama hutan alam - dan membiarkan CO2 yang tersimpan tidak tersentuh.

8. Tumbuhan sangat penting untuk pengobatan
Sebagian besar obat yang kita gunakan saat ini berasal dari tumbuhan. Aspirin adalah salah satu yang paling terkenal.

Beberapa ekstrak tumbuhan juga digunakan dalam obat kanker seperti Paclitaxel, yang berasal dari kulit kayu pohon yew Pasifik. Tanaman lain yang tak terhitung jumlahnya juga digunakan dalam pengobatan alami.

9. Tumbuhan digunakan di banyak produk
Bahan tanaman dapat ditemukan di banyak produk sehari-hari, seperti buku, tisu toilet, furniture, dan pakaian. Beberapa bahan yang paling umum termasuk kapas, rami, dan rami. Kertas daur ulang juga sering muncul di benda-benda seperti kotak karton, karton telur, piring kertas, dan banyak lagi.

10. Tumbuhan meningkatkan kesehatan mental
Studi menunjukkan bahwa kehidupan tanaman memiliki dampak positif pada pikiran manusia. Ini terutama berlaku di lingkungan perkotaan di mana orang merasa terputus dari alam. Budidaya hijau di ruang-ruang ini melalui taman umum, pohon, dan tanaman hias terbukti meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi stres dan kecemasan.

Teori bahwa manusia secara alami tertarik pada alam dan karena itu lebih bahagia di sekitarnya disebut "biophilia". Ahli biologi Edward O. Wilson menciptakan istilah ini pada 1980-an dan sejak itu menginspirasi desain untuk rumah, kantor, dan lainnya.(red.Al)


Posting Komentar

0 Komentar