Pemkab Banjarnegara Serahkan Beras Cadangan kepada Puluhan Warga Kurang Mampu

 


Banjarnegara,  tjahayatimoer.net   – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyerahan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Banjarnegara.

Secara simbolis bantuan di serahkan Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto di Aula Balai Desa Mantrianom Kecamatan Banjarnegara Rabu (7/2/2024).

“Bantuan cadangan beras telah disalurkan kepada warga penerima di seluruh wilayah Banjarnegara.dan hari ini merupakan yang terakhir disalurkan di Kecamatan Bawang,” kata Tri Harso.

Tri Harso menambahkan, Sasaran penerima bantuan pangan di Kabupaten Banjarnegara untuk Tahun 2023 sebanyak 98.371 KPM, sementara  untuk Tahun 2024 sebanyak 101.402 KPM dan akan diberikan sebanyak @ 10 kg selama 6 bulan dari Januari s/d Juni 2024.

Data yang digunakan untuk penerima bantuan berasal dari data KP3E yang berjumlah 133.377 KK, sehingga masih ada keluarga yang belum menerima manfaat bantuan pangan sebanyak 31.975 KK.

“Kami berharap adanya bantuan pangan ini akan mengurangi kemiskinan ekstrem, berkontribusi dalam mengendalikan inflasi, dan menurunkan stunting. Semoga yang dilakukan pemerintah akan memberikan manfaat besar bagi warga ,” tambahnya.

Ia mengatakan bantuan pangan yang diberikan kepada masyarakat merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung ketersediaan pangan yang cukup di masyarakat adalah melalui pengelolaan cadangan pangan pemerintah.

Pemerintah sendiri telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Di dalam Perpres tersebut diatur penyaluran CPP untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial atau keadaan darurat, serta dalam rangka antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan pemberian bantuan pangan.

Sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 9 Tahun 2023 tentang Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah, untuk Pemberian Bantuan Pangan, penerima bantuan pangan merupakan Masyarakat miskin serta  keluarga yang mengalami rawan pangan dan gizi.

Sedangkan Pelaksanaan penyaluran CPP untuk Pemberian Bantuan Pangan telah dilaksanakan pada tahun 2023. Jenis CPP yang disalurkan, meliputi, Beras, Daging Ayam Ras, dan Telur Ayam Ras.

Lebih jauh Tri Harso mengatakan, sesuai arahan Presiden maka penyaluran CPP untuk pemberian bantuan pangan dilaksanakan kembali pada tahun 2024 sebanyak 200.004.077 KPM yang digunakan sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, mengendalikan inflasi, dan menurunkan stunting.

Pimpinan cabang perum bulog kantor cabang Banyumas Rasiwan mengatakan , di Kabupaten Banjarnegara, Perum BULOG Kancab Banyumas mendapat tugas menyalurkan Bantuan Pangan CBP kepada 101.402 penerima di 20 Kecamatan.

Bantuan yang disalurkan dengan total kuantum beras yang disalurkan per bulan sebanyak 1.014.020 kg. Sedangkan pendistribusian beras dari gudang BULOG kepada penerima di titik penyerahan kantor desa atau kelurahan dilaksanakan oleh transporter PT Pos Indonesia.

“Warga yang menerima berdasarkan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bersumber dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” ujarnya

Rasiwan menjelaskan, Jumlah PBP (Penerima Bantuan Pangan) di Kecamatan  Bawang sebanyak 4.210 PBP. Dari jumlah tersebut sebanyak 306 PBP terdaftar di Desa Mantrianom sesuai daftar BNBA penerima.

“Secara keseluruhan di 4 Kabupaten wilayah kerja, Kancab Banyumas pada Penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024 akan menyalurkan beras setiap bulannya sebanyak 6.928.440 kilogram kepada 692.844 Penerima,” katanya (red.al)

Posting Komentar

0 Komentar