SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri Kembali Mengukir Prestasi


Kediri,   tjahayatimoer.net - Bulan Januari merupakan awal bulan pada tahan 2024 ini.SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri kembali menorehkan prestasi. Saat upacara bendera yang rutin dilaksanakan warga SMA Negeri 1 Wates pada hari Senin, 10 Januari 2024, beberapa siswa SMA Negeri 1 Wates ini menyerahkan piala dengan berbagai kejuaraan. Kejuaraan tersebut berupa kejuaraan olehraga, duta antikorupsi, sampai dengan kejuaraan yang diraih oleh pendidik di sekolah ini (12/01/24).



Penyelenggara lomba ini di antaranya adalah Universitas Negeri Surabaya, Komisi Pemberantasan Korupsi, Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri dan Kementrian Agama Republik Indonesia Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. “SMA Negeri 1 Wates memang selalu berusaha memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler siswa, “ujar Bapak Purnomo, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Wates dalam wawancara beberapa waktu lalu. Ini terbukti dengan beberapa kejuaraan yang diraih oleh SMA Negeri 1 Wates yang lebih sering dikenal dengan nama Smanewa.



 Lomba yang pertama adalah Kejuaraan Nasional Unesa Pencak Silat  Challenge Competition. Ada dua siswa yang meraih juara dalam kegiatan tersebut. 


1. Muhammad Ruben Ardiansyah adalah siswa pertama yang mendapatkan Juara 2 Tunggal Putra Kejuaraan Nasional Unesa Pencak Silat Challenge Competition.

2. Kaka Jelang Fitra Loydy yang meraih Juara 2 Tanding Kelas G Putra dalam Kejuaraan Nasional Unesa Pencak Silat Challenge Competition. 

Siswa-siswa ini memang selalu gigih berlatih dalam ekstrakurikuler Merpati Putih yang berada di SMA Negeri 1 Wates.  



Lomba yang kedua adalah Juara 1 Putra Duta Anti Korupsi Tingkat Kabupaten Kediri atas nama: 

1. Riveraldo Vallensky Alana Emanuel. Lomba ini diadakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi secara berjenjang dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional. 

    Babak seleksi tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober sampai dengan 21 November 2023  Riveraldo mampu mengalahkan pesaingnya di Kabupaten Kediri melalui seleksi yang begitu ketat dari seleksi administrasi, membuat karya tulis dsb. Karena menang di tingkat kabupaten, Riveraldo melaju ke Jawa Timur pada tanggal 29 November 2023 sampai dengan 1 Desember 2023 di Surabaya. Meskipun di Jawa Timur belum beruntung, Riveraldo dipercaya sebagai perwakilan pemasangan selempang Duta Anti Korupsi jawa Timursecara simbolis. Selain itu Pada tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 17 Desember 2023, Riveraldo juga bertugas ke Jakarta selama tiga hari melakukan kunjungan ke KPK sebagai Duta Anti Korupsi. Di Jakarta dia juga mengikuti seminar. Selanjutnya, Riveraldo juga harus menjadi kader dan role model pelajar anti korupsi 



Selain para siswa yang meraih prestasi, ternyata para pendidik SMA Negeri 1 Wates juga meraih prestasi yang cukup membanggakan.


1. Prestasi pertama diraih oleh Alisa Cahyani, S.Pd. meraih juara 4  dalam Lomba Membaca Puisi yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas Wilayah Kediri dalam rangka Peringatan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu yang mewakili tiap SMA dan SMK, baik swasta maupun negeri, di wilayah Kabupaten Kediri dan Kota Kediri. Penerimaan piagam dan piala diselenggarakan dalam acara Peringatan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan pada tanggal 23 Desember 2023 di SMA Negeri 3 Kota Kediri.  Bu Lisa, panggilan sehari-harinya, membacakan sebuah puisi yang berjudul Wanita Pemanggul Batu karya pengajar SMAN 1 Wates juga, yaitu Ibu Dwi Sulistyawati, S.Pd. 


2. Prestasi kedua diraih oleh Ibu Vera Monica, S.Pd. meraih juara 1 dalam kegiatan Lomba Media Pembelajaran Berbasis ICT, Lomba Lab PAI, Lomba Bast Practice Literasi 5 Halaman yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. Lomba ini diikuti oleh berbagai jenjang baik SD/MI, SMP/MTS, maupun SMA/MA yang diumumkan pada 3 Januari 2023. Ibu Vera Monica, S.Pd. adalah pengajar yang mengampu mata pelajaran PAI.  Beliau pengajar yang sangat tekun dan konsisten dalam menegakkan kegiatan sholat berjamaah di SMA Negeri 1 Wates. dalam Lomba Laboratorium PAI  jenjang SMA tingkat Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berupa lomba yang proses seleksinya melalui pengiriman laporan kegiatan terkait dengan pengelolaan Laboratotium PAI disertai dengan dokumentasi yang lengkap. 



Berbagai kejuaraan yang diraih  oleh para siswa SMA Negeri 1 Wates dan pengajar SMA Negeri 1 Wates. Meskipun lokasinya dianggap kurang strategis, tetapi SMA Negeri 1 Wates tidak kalah dengan sekolah SMA Negeri lainnnya yang ada dalam Kabupaten Kediri dalam  mengukir prestasi.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar