Jokowi Minta Petani Tanam Padi Awal Tahun Ini Agar Produksi Beras Meningkat

  


Jakarta,   tjahayatimoer.net    - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta petani untuk memulai tanam padi di awal Januari ini. Dia berharap ada peningkatan produksi beras saat masa panen pada Maret hingga April.

"Saya mau memastikan di awal Januari ini mulai menanam semuanya karena hujan sudah turun, air berarti sudah tercukupi kebutuhannya dari hujan sehingga tanam. Di Desember kita tanam 1,4 juta, di Januari 1,7 juta hektare, kemudian Februari 1,4 juta hektare. Jadi kita harapkan ada peningkatan produksi beras kita di masa panen Maret-April mendatang," kata Jokowi usai meninjau penanaman beras di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (3/1/2023).

Jokowi mengaku sampai saat ini dirinya mendapat keluhan perihal pupuk. Dengan adanya penambahan anggaran subsidi pupuk Rp 14 triliun, dia berharap dapat meminimalisir persoalan pupuk bagi petani.

"Kalau petani mesti pupuk, cuma kemarin saya sudah sampaikan pembelian pupuk tak mesti pakai kartu tani bisa pakai KTP dan bersiap untuk masa panen ini 1,7 juta ton pupuk dari Pupuk Indonesia. Saya kira itu mencukupi dan keluhan pupuk saya harapkan tidak ada lagi," ujarnya.

"Kemudian subsidi pupuk juga saya sudah meminta ke Mentan Menkeu untuk ajukan dana tambah Rp 14 triliun untuk subsidi pupuk," lanjut Jokowi.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar