Peringati Hari Menanam Pohon, DLH Adakan Penghijauan di Bantaran Sungai Dermo Semanding


KEDIRI,    tjahayatimoer.net  – Upaya menjaga lingkungan hidup di Kabupaten Kediri, gerakan menanam pohon dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) diselenggarakan Pada Hari Kamis,7 Desember 2023. Bertempat di Sungai Dermo Desa Semanding Kecamatan Pagu.


Acara ini di dihadiri oleh beberapa lembaga dan organisasi antara lain Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito, Kepala DLH Putut Agung Subekti, Kadis Pariwisata, Kepala SKPD Kab.Kediri, Ketua Dharma Wanita Persatuan  Kabupaten Kediri,Perwakilan Bhayangkari,Perwakilan Persit Candrakirana,Camat Pagu beserta Forkopimcam,Ketua TP PKK Kecamatan  se Kabupaten Kediri, Ketua TP PKK se Kecamatan Pagu beserta Kepala Desa Semanding Kecamatan Pagu.

Pembukaan pertama yang dibawakan oleh sambutan Kepala DLH, Putut Agung Subekti. Dalam kesempatan tersebut Kepala DLH, Putut Agung Subekti  , SE., MM.,  yangt menjelaskan total bibit penghijauan yang akan ditanam di bantaran sungai Dermo desa Semanding Kecamatan Pagu berjumlah 500 bibit.

Sambutan selanjutnya diisi oleh Ibu Eriani Annisa Hanindhito selaku Ketua TP PKK Kabupaten Kediri yang menyampaikan harapanmya  dalam  menyadarkan pentingnya menjaga lingkungan hidup sekitar."Saya berharap akan tercipta kesadaran dan juga komitmen bersama untuk merawat dan melestarikan lingkungan hidup agar tetap lestari," ucapnya.


Adapun agenda penghijauan dengan penanaman pohon ini, dengan  tujuan sebagai sebuah konservasi, jadi dilaksanakan di sepanjang sungai dermo semanding Yang baru di revitalisasi oleh yang terkait dibawah naungan dan izin Dinas PUPR. Selain Itu Desa Semanding juga memiliki tujuan lain yaitu agar di sekitar bantaran Sungai Dermo tumbuh menjadi pohon yang rindang dan memiliki daya Tarik tersendiri tentang penghijauan    “penghijauan dan penanaman pohon mangga, salah satunya dilakukan di Dusun Semanding untuk membangun kesepahaman dan komitmen bersama. Dalam peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup. Perlu diketahui, sebagai dasar dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tentang hari menanam pohon Indonesia dan bulan bulan menanam nasional.” Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kediri.


Jumlah bibit penghijauan pada tahun 2023 ini berjumlah hamper  27.500 batang. Kemudian penanaman di daerah tangkapan air dan sumber air sebanyak 500 batang tertanam di bantaran Sungai Dermo Semanding Pagu


Kepala DLH Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti, SE., MM., menyampaikan bahwa saat ini telah melaksanakan penghijauan merupakan rangkaian memperingati hari menanam pohon Indonesia dan Hari Ibu 2023.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar