5.367 Warga Kota Kediri Mendapatkan BLT El Nino Rp 400 Ribu

 



KEDIRI,   tjahayatimoer.net    - Sebanyak 5.367 warga kota Kediri menerima Bantuan langsung tunai atau BLT El Nino yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan Bank Mandiri, Kamis (21/12/2023).

Pendistribusian BLT El Nino itu juga mendapatkan pengawasan dari Dinas Sosial Kota Kediri. 

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, untuk Kota Kediri total ada 5.367 penerima bantuan sosial yang  disalurkan melalui PT Pos.


Rinciannya 1.628 dari Kecamatan Kota, 1.846 dari Kecamatan Mojoroto dan 1.893 dari Kecamatan Pesantren. 

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Paulus Luhur Budi menjelaskan, penyaluran BLT El Nino dilakukan secara bertahap. Sesuai rencana, penyaluran dijadwalkan per kecamatan selama tiga hari. 

Penerima BLT El Nino mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang merupakan target program perlindungan sosial. 

“Bantuan ini diserahkan Kementerian Sosial karena adanya fenomena El Nino yang berdampak pada kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok. Dinas Sosial dalam hal ini bertindak dengan melakukan pengawasan dalam penyaluran,” ujarnya.

Besaran bantuan yang disalurkan  Rp 200.000 per bulan yang diterimakan untuk periode dua bulan yakni November dan Desember 2023. 

Mekanisme penyaluran dilakukan dengan dua cara yaitu ditransfer secara bertahap melalui Bank Mandiri dan disalurkan melalui PT Pos. 


"Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp 400.000 yang bisa diambil melalui ATM untuk yang ditransfer dan untuk penyaluran melalui Kantor Pos, para penerima akan diberikan barcode dan bisa diambil di Kantor Pos yang sudah ditunjuk,” jelasnya.

Jika ditemukan data yang tidak tepat sasaran saat penyaluran, masyarakat bisa ikut melakukan pengawasan dengan melaporkan melalui kelurahan setempat atau bisa  mengunduh aplikasi cek bansos Kementerian Sosial di playstore. 

“Jika ada masyarakat yang ingin melaporkan penerima bantuan yang tidak tepat sasaran, bisa dilaporkan melalui dua jalur, bisa melalui kelurahan masing-masing pada 16 - 25 Desember dan melalui aplikasi cek bansos Kemensos,” tambahnya.

Paulus berharap penerima manfaat dapat membelanjakan bantuan yang diterima secara bijak untuk kebutuhan sehari-hari terutama untuk memenuhi kebutuhan konsumsi atau pangan.

Supriyati, salah satu penerima manfaat mengaku bersyukur sekaligus senang mendapatkan BLT El Nino yang dimanfaatkan  untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

 "Alhamdulillah, saya sangat terbantu. Beberapa tahun ini bapaknya tidak bisa bekerja karena sakit, bansos ini akan saya belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.(red.al)


Posting Komentar

0 Komentar