Soekarno Cup Liga Kampung Ajang Gali Potensi Pesepakbola Muda

  


Trenggalek,    tjahayatimoer.net    - Ajang kompetisi sepak bola Soekarno Cup Liga Kampung digelar selama 3 hari ke depan. Even ini sebagai bentuk dukungan Piala Dunia U-17.

Ketua Pelaksana Soekarno Cup, Mochamad Nur Arifin, mengatakan kompetisi ini sengaja digelar untuk mengenang semangat Bung Karno dalam memajukan sepak bola. Sekaligus untuk menggali potensi anak kampung.

"Soekarno cup ini sebagai wujud legacy Bung Karno dalam hal diplomasi antarnegara dan penentangan pada kolonialisme. Seperti yang disebut dalam otobiografinya, ada permainan di zamanku, yang anak mudanya tidak bisa menunjukkan keahliannya, salah satunya sepak bola," kata M Nur Arifin, Rabu (1/11/2023).

Dari hasil penjaringan di berbagai daerah di Indonesia, saat ini terdapat 8 tim yang lolos babak 8 besar. Rencananya pertandingan perempat final akan digelar hari ini di Bekasi International Soccer Field, Cut Mutia.

"Untuk babak final akan kami gelar pada 2-3 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta," jelasnya.

Pria yang juga Bupati Trenggalek ini menambahkan, Soekarno Cup Liga Kampung fokus pada pesepakbola kelompok usia 17. Sebab, stok pemain pada rentang usia 15-17 masih relatif minim. Hal ini sekaligus sebagai bentuk dukungan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Dunia U-17.

"Anak-anak usia 15-17 harus didukung penuh, karena mereka punya potensi untuk bisa berlaga di liga profesional Indonesia maupun dunia," kata Arifin.

Untuk memeriahkan Soekarno Cup 2023, pihaknya akan menggelar hiburan serta pecah rekor Muri menggiring 10 ribu bola. Tak hanya itu, sejumlah legenda sepak bola Indonesia juga akan menyemarakkan even tersebut, di antaranya Kurnia Meiga, Mursyid Efendi hingga Anang Ma'ruf.

"Kemudian beberapa tokoh juga akan hadir dalam final nanti, di antaranya Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Ganjar Pranowo," imbuhnya.(red.al)



Posting Komentar

0 Komentar