Siswa SMKN 1 Semen Kediri Mengonversi Motor Bensin Menjadi Motor Listrik

  


Kediri,    tjahayatimoer.net    Matric, Motor listrik hasil konversi dari motor bahan bakar bensin menjadi motor listrik buatan SMKN 1 Semen. Motor ini dibuat oleh siswa dari SMKN 1 semen. Motor ini telah mengikuti EXPO Motor listrik yang dilakukan di Surabaya pada agenda EXPO dan parade kendaraan listrik pada tanggal 25 – 26 Oktober 2023.

Kontingen cabang dinas wilayah kediri teleh berkoordinasi dan mensukseskan acara tersebut dengan mengirimkan 2 Mobil listrik, 1 gocar, 1 becak listrik dan 11 motor listrik. Semua kendaraan tersebut adalah hasil konversi motor listrik oleh siswa SMK kota dan Kabupaten Kediri.

Metric (Motor listrik SMKN 1 Semen) adalah motor konversi honda beat EFI tahun 2012. Konversi ini dilakukan tanpa mengubah bentuk asli dari motor tersebut. Bahkan komponen yang digunakan tetap menggunakan komponen bawaan motor dengan sedikit modifikasi.

 “Kami tetap memepertahankan bentuk asli motor dan komponen asli motor. Selain tidak merubah bentuk, hal ini juga menekan biaya tambahan dan waktu proses pengerjaan, jadi yang namanya konversi motor berarti motor yang sudah ada kemudian dikonversi menjadi motor listrik” Ujar guru pendamping konversi motor listrik tersebut.

Motor ini menggunakan motor listik dengan kekuatan 2000 Watt dan baterai 72 volt dengan kapasitas 24 AH. Setelah di tes ternyata motor ini mampu melaju dengan kecepatan 50 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 45 km.

Pada kegiatan expo di surabaya selain dipamerkan, seluruh kendaraan listrik juga digunakan parade mulai dari SMKN 6 Surabaya menuju Gedung Grahadi kemudian dilanjutkan kembali ke Maspion Square. Dalam perjalanan sampai tujuan, semua kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Dapat disimpukan bahwa kendaraan listrik buatan siswa ini mampu beroperasi dan tes jalan dengan baik tanpa ada kendala.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bukti bahwa Siswa SMK siap dalam mengkonversi kendaraan menjadi kendaraan listrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.

(red.al)                                                                                                                                                                        

 

Posting Komentar

0 Komentar