Kemenhub Buka-bukaan Rencana KRL Diperpanjang Sampai Karawang

 



 Jakarta,   tjahayatimoer.net   - Kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek pernah direncanakan akan diperpanjang jalurnya sampai Karawang. Sejauh ini, KRL baru mentok hingga Cikarang untuk jalur Bekasi.

Rencana itu pernah terungkap di tahun 2019, sementara itu sampai saat ini belum ada upaya memperpanjang jaringan KRL ke Karawang.

Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati pihaknya membenarkan tahun 2019 memang pernah ada usulan memperpanjang jaringan KRL ke Karawang. Hanya saja rencana itu berhenti saat pandemi.

"Tahun 2019 waktu itu karena pandemi jadi akhirnya fokusnya agak bergeser. Makanya sampai sekarang kita belum pastikan akan dimulai, tapi ada rencana ke sana," kata Adita ditemui Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Adita melanjutkan sampai sekarang pun belum jelas kapan rencana ini akan diteruskan. Belum ada pembahasan lanjutan untuk rencana tersebut.

"Jadi waktu itu karena disampaikan 2019, terus masuk pandemi akhirnya jadwal akan geser. Sampai sekarang kita belum pasti akan mulai kapan," ujar Adita.

Sebelumnya, Direktur Utama Kereta Commuter Line Indonesia (KCI) yang kala itu dijabat oleh Wiwik Widayanti, pernah mengatakan pihaknya dan Kementerian Perhubungan berencana memperpanjang rute KRL hingga ke Karawang, Jawa Barat. Awalnya, inisiasi ini disampaikan oleh Wiwik ketika melakukan perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL.

"Karawang sudah minta terus Pak, supaya KRL sampai sana," kata Wiwik, Selasa (13/8/2019).

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan rencana tersebut.

"Katanya (KRL) mau sampai Karawang ya? Kapan maunya sampai Karawang? Nanti (KRL) segera sampai Karawang," tutur Budi dengan semangat ketika menyampaikan sambutan dalam peresmian Stasiun Kereta Api Telaga Murni, di Kabupaten Bekasi.

Lalu, Budi menargetkan tahap finalisasi fisik jalur KRL sampai Karawang yang diperlukan untuk membuka akses KRL ke kawasan tersebut rampung akhir tahun 2020.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar