Ironi Joget TikTok di Halaman Masjid dan Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

  


Bangkalan,     tjahayatimoer.net    - Pengaruh media sosial benar-benar membuat seseorang bisa kebablasan. Seorang perempuan berjoget-joget demi konten di tempat yang tidak seharusnya.

Ironisnya, tempat yang dipilih untuk berjoget adalah tempat untuk ibadah. Selain itu, di area masjid itu juga terdapat makam seorang ulama besar yang menjadi guru para pendiri Nahdlatul Ulama, Syaikhona Kholil.

Adalah pemilik Akun TikTok @adindausi1 yang mendadak viral dan memanen respons negatif warganet karena mengunggah video joget di halaman Masjid Syaikhona Kholil di Bangkalan.

Dalam video berdurasi 20 detik itu, perempatan berjubah biru muda dengan hijab abu-abu itu tanpa sungkan berjoget-joget di antara jemaah yang berlalu lalang di masjid itu.

Tidak hanya warganet, fenomena itu juga menjadi perhatian dari keluarga besar KH Syaikhona Kholil. Komentar cukup pedas datang Kiai Haji Hasbullah Muhtarom.

"Kami keluarga besar Bani Kholil menyesalkan adanya tindakan dari salah satu akun tiktok yang berjoget di halaman masjid," ujarnya

Ia mengatakan, aksi tak terpuji itu seharusnya tidak dilakukan. Mengingat, masjid itu adalah tempat ibadah. Apalagi, di area masjid itu juga ada makam ulama besar Syaikhona Moh Kholil.

"Ini bukan hanya semata-mata karena di depan makam mbah Kholil yang memang merupakan maha guru dari ulama besar nusantara, tapi ini merupakan masjid tempat ibadah dan tidak selayaknya berjoget di area ini," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Ra Hasbullah ini juga menegaskan agar hal serupa tak terulang kembali oleh siapa pun.

"Kalau cuma mau cari follower buatlah konten-konten edukatif bukan joget di area masjid. Kami berharap hal serupa tak terulang kembali," tambahnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aksi joget serupa serta bersikap sopan saat berada di area Masjid Syaikhona Kholil.

"Kami mengimbau pada semua pengunjung agar tidak bersikap negatif di area pesarean mbah Kholil," pungkasnya.

Saat ini unggahan asli video berdurasi kurang lebih 20 detik itu sudah tidak bisa ditemukan di TikTok. Demikian juga akun @adindausi1 yang pertama kali mengunggah video itu.

Meski demikian, sudah cukup banyak kreator konten lain yang mengunggah ulang video itu. Dalam video itu Adinda memang terlihat tidak sungkan berjoget di antara jemaah di halaman masjid.

Perempuan yang mengaku bernama Adinda Usi itu akhirnya membuat video minta maaf dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura baik kepada masyarakat maupun keluarga besar Syaikhona Kholil.

"Perkenalkan saya Adinda Usi. Saya yang membuat konten video di depan Masjid Syaikhona Kholil Bangkalan. Saya secara pribadi meminta maaf sebesar-besarnya atas kekhilafan dan kekeliruan saya," ujarnya

Adinda juga mengaku sebagai manusia biasa tidak luput dari kekhilafan dan dosa, dan dia pun berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya.

"Insyaallah ke depannya saya tidak akan mengulangi lagi kekhilafan dan kekeliruan saya. Saya cuma manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa, untuk itu saya meminta maaf yang sebesar-besarnya," ujarnya.

Meski pemilik akun @adindausi1 sudah membuat penyataan maaf atas tindakannya joget di depan masjid, tak sedikit warganet yang menuntut pemilik akun itu meminta maaf langsung.

Warganet meminta pemilik akun tiktok itu agar datang langsung ke keluarga besar Bani Kholil dan pengurus Masjid Syaikhona Moh Kholil Bangkalan untuk menyampaikan permintaan maaf.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar