Gedung Kesenian Gajayana Malang Diaktifkan, Museum Musik Indonesia Pindah

  


Malang,    tjahayatimoer.net    - Gedung Kesenian Gajayana, Jalan Nusakambangan Nomor 19, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang diaktifkan lagi. Karena itu, Museum Musik Indonesia (MMI) yang menempati salah satu ruang di gedung itu terpaksa pindah.

Ketua MMI Ratna Sakti Wulandari mengatakan MMI akan pindah ke gedung penunjang museum Mpu Purwa di Perumahan Griya Santa Blok B Jalan Soekarno Hatta Nomor 210, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

"Kami sekarang proses pindahan. Ada lebih dari 40 ribu koleksi kaset, CD, piringan hitam, majalah, instrumen musik hingga memorabilia yang kami bawa," ujarnya

Perempuan yang akrab disapa Nana itu mengungkapkan bahwa alasan MMI pindah tempat karena Gedung Kesenian Gajayana akan kembali difungsikan sesuai dengan fungsi awalnya.

"Kami pindah karena Gedung Kesenian Gajayana akan direnovasi dan digunakan lagi sebagai gedung pertunjukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang," ungkapnya.

Perlu diketahui, pada awal MMI berdiri pada 2009 museum itu masih dikenal dengan nama Galeri Malang Bernyanyi. Nama MMI baru digunakan pada 2016.

Sejak berdiri hingga sekarang, MMI telah beberapa kali pindah tempat dengan tempat pertama di garasi salah satu founder Galeri Malang Bernyanyi Hengki Herwanto di Jalan Citarum, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Tahun 2013 lalu MMI resmi pindah ke rumah kontrakan yang ada di daerah Perumahan Griya Santa, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Setelah berubah nama menjadi Museum Musik Indonesia, para pengurus MMI mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang berupa peminjaman Gedung Kesenian Gajayana sebagai tempat MMI.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar