Serunya Murid-Guru Madiun Main Permainan Jadul Sambut Hari Olahraga Nasional

  


Madiun,  tjahayatimoer.net   - Keseruan mewarnai semua sekolah SD dan SMP di Kabupaten Madiun hari ini. Para murid dan guru bermain permainan jadul atau tempo dulu yang mulai ditinggalkan.

Permainan tradisional tampak seru terlihat di SMPN 2 Mejayan yang ada Jalan Panglima Sudirman, Caruban, Kabupaten Madiun.

"Awaaaaas," teriak para murid saat melihat sejumlah guru terjatuh saat bermain gobak sodor, Sabtu (9/9/2023).

Para guru pria dan wanita memang memberikan contoh kepada para murid tentang permainan tradisional untuk olahraga. Di antaranya permainan gobak sodor, betengan, dan juga engklek atau engkling.

"Kita berikan contoh dulu permainan ini menyambut hari olahraga nasional hari ini. Ini memang baru yang pertama dan nantinya akan dimasukkan dalam kegiatan olahraga," papar Kepala Sekolah SMPN 2 Mejayan Jarwanto kepada detikJatim, Sabtu (9/9/2923).

Salah satu siswi, Dewi, mengaku senang bisa mempelajari permainan tradisional di hari olahraga. Dia berharap permainan tradisional bisa dimasukkan di pelajaran olahraga.

"Senang juga sih semoga bisa diteruskan seperti ini dan ditirukan di rumah," papar Dewi.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami meminta agar semua sekolah bisa bisa memberikan pernainan tradisional kepada semua murid. Hal ini untuk mengurangi kecenderungan bermain ponsel.

"Kita sudah perintahkan dinas dan juga sekolah untuk sosialisasi lagi permainan tradisional. Ini bisa mengurangi penggunaan ponsel," ungkap Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun.(read.al)



Posting Komentar

0 Komentar