Ratusan Santri Ponpes Wali Barokah di Kota Kediri Ikuti Upacara Hari Santri Nasional Ke-9

 



 KEDIRI,    tjahayatimoer.net     - Ponpes Wali Kota Kediri menggelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) ke-9 yang berlangsung di halaman pondok, Minggu (22/10/2023).

Pada kegiatan yang diikuti ratusan santri, Ketua Ponpes Wali Barokah KH Sunarto bertindak selaku inspektur upacara.

Dalam amanatnya KH Sunarto menyebutkan, momentum hari santri dijadikan sarana untuk refleksi diri peran yang telah dan akan terus dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia santri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Dijelaskan, peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri. Tema tersebut menyiratkan dua makna, sekaligus pesan yang disampaikan yakni makna historis dan makna kontekstual.

Dijelaskan, makna historis mengingatkan tentang peran besar para santri pada masa lampau dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui resolusi jihad.

Selain itu berperang melawan penjajah yang puncaknya terjadi pada 10 Nopember 1945 yang kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Sedangkan makna kontekstual menegaskan kembali tentang peran santri terutama setelah selesai masa belajarnya untuk tetap melaksanakan amar makruf nahi munkar, dakwah yang sejuk, memiliki toleransi yang tinggi, bisa saling menghormati dan menghargai terhadap perbedaan, keberadaan dan keyakinan kelompok masyarakat lain, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kesantunan dan kebajikan untuk memajukan bangsa dan negara, melawan kebodohan dan ketertinggalan.

Sehingga makna jihad yang termaktub dalam tema tersebut bukanlah berperang, melainkan lebih diartikan sebagai jihad intelektual.

"Para santri bersama komponen masyarakat dengan berbekal ilmu pengetahuan yang dimiliki bisa memberikan kontribusi yang maksimal dalam mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.(read.al)


Posting Komentar

0 Komentar