Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Ke-78 Jawa Timur

  


Surabaya,   tjahayatimoer.net   - Provinsi Jawa Timur akan merayakan Hari Jadi ke-78. Berbagai kegiatan akan digelar dalam rangka HUT Jatim 2023. Penasaran apa saja rangkaian kegiatan HUT ke-78 Jatim?

Upacara peringatan Hari Jadi ke-78 Jawa Timur akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (12/10/2023). Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah menyiapkan 780 undangan upacara untuk masyarakat umum. Namun saat ini, pendaftarannya sudah ditutup.

"Bagi yang ingin menyaksikan secara langsung kekhidmatan dan kemeriahan upacara peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi, kami telah menyiapkan 780 undangan bagi masyarakat umum," ungkapnya dilansir dari situs resmi Dinas Kominfo Jawa Timur.

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Ke-78 Jawa Timur:


1. Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Bea


Rangkaian kegiatan HUT Jatim ke-78 telah dilangsungkan sejak jauh-jauh hari. Ada Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Bea (JBMB) yang berangkat dari Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu (24/9/2023) dan kembali pada Rabu (11/10/2023).

Kirab Pataka JBMB menjadi rangkaian pertama dalam peringatan HUT ke-78 Jawa Timur. Kirab ini bertujuan meningkatkan sinergi, kolaborasi, serta kerja sama antar kabupaten. Hal ini terwujud melalui konsep kegiatan yang dilakukan secara estafet dalam perjalanan yang ditempuh dalam jarak kurang lebih 2.001 kilometer.

Kirab dilakukan secara estafet dengan membawa sejumlah perlengkapan. Mulai dari bendera merah putih, lambang Jawa Timur Jer Basuki Mawa Bea, lambang Satpol PP Praja Wibawa, lambang perlindungan masyarakat, lambang pemadam kebakaran dan penyelamatan Yudha Bramajaya, lambang hari jadi ke-78 Jawa Timur, serta lambang kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Sepanjang jalan kirab akan diiringi lagu Mars Jawa Timur dan publikasi mengenai capaian kerja atau prestasi baik Pemprov Jatim maupun kabupaten/kota di provinsi paling timur Pulau Jawa ini.

2. Tiga Kegiatan Wajib
Selain Kirab Pataka, terdapat serangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-78 Jatim. Rangkaian kegiatan tersebut terbagi dalam tiga kegiatan wajib, satu kegiatan puncak, dan 20 kegiatan tambahan.

Mengawali rangkaian HUT ke-78 Jatim, digelar upacara ziarah dan tabur bunga mengenang jasa pahlawan dan gubernur pendahulu. Kemudian dilanjutkan upacara peringatan hari jadi ke-78 Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/10/2023).

Kirab Pataka sudah, upacara ziarah dan peringatan hari jadi, lalu berlanjut ke sidang paripurna DPRD Jatim hingga pesta rakyat. Selanjutnya ada sepeda santai, Jatim Bersholawat.

Tak berhenti di sana, ada pergelaran wayang kulit, Jatim Festival, jalan sehat bersama Gubernur Jatim, gerak jalan Mojosuro, konvoi kendaraan listrik. Termasuk Jambore Relawan Penanggulangan Bencana Provinsi Jatim, dan lain lain.

3. Pertunjukan Seni
Terdapat sederet pertunjukan menarik untuk memeriahkan upacara peringatan hari jadi ke-78 Jatim. Tiga penampilan tersebut di antaranya sebagai berikut.

Drumband SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi
Pertunjukan tarian kolosal bertajuk Jatim Harmoni. Tarian ini menggabungkan sejumlah tarian khas Jawa Timur
Kolaborasi seni suara dari grup paduan suara berprestasi di Jawa Timur (read.al)

Posting Komentar

0 Komentar