Pemkot Malang gandeng pelaku usaha tingkatkan kunjungan wisatawan

 



Malang,   tjahayatimoer.net   - Kami rutin melakukan pertemuan dengan PHRI, untuk mengimbau agar selalu melayani visitor dengan baik sehingga mereka nyaman

Malang, Jawa Timur (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, menggandeng pelaku upaya dan pengelola lokasi wisata di wilayah tersebut dalam upaya meningkatkan kunjungan dan menambah lama waktu tinggal para wisatawan.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Lita Irawati di Kota Malang, Sabtu, mengatakan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, pihaknya menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) setempat.

"Kami rutin melakukan pertemuan dengan PHRI, untuk mengimbau agar selalu melayani visitor dengan baik sehingga mereka nyaman dan pada akhirnya menambah waktu tinggal," kata Lita.

Lita menjelaskan, selain menggandeng PHRI, Pemerintah Kota Malang juga menguatkan sinergi pada pengelola lokasi wisata seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para wisatawan.

Menurutnya, selain menguatkan Sapta Pesona yang mencakup tujuh unsur yakni, aman, bersih, tertib, sejuk, indah, ramah dan kenangan, menghadirkan pengalaman baru untuk visitor juga menjadi perhatian tersendiri.

"Pengalaman baru yang ditawarkan ke visitor khususnya mancanegara, bermaksud agar mereka tertarik dan menceritakan ke family dan teman, yang pada akhirnya juga berambisi datang dan merasakan pengalaman yang sama," katanya.

Ia menambahkan, bagi para visitor mancanegara, Kampung Warna-Warni yang berada di area Jodipan dan Kampung Kayutangan Heritage di Jalan Basuki Rachmat, tetap menjadi salah satu daya tarik bagi pelancong.

Potensi wisata budaya penduduk setempat, lanjutnya, tetap menjadi daya pikat bagi visitor mancanegara, selain juga dilengkapi dengan beragam pengalaman yang tidak dimiliki oleh negara asal wisatawan.

"Budaya seperti di Kampung Warna-Warni, itu menarik visitor mancanegara. Karena di sana tidak ada," katanya.

Berdasar catatan Disporapar Kota Malang hingga periode September 2023, jumlah kunjungan visitor mancanegara ke wilayah Kota Malang mencapai 37.400 orang, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 8.455 orang.

Sementara untuk jumlah kunjungan visitor nusantara hingga September 2023, tercatat sebanyak 1.866.116 orang dan keseluruhan, ada sebanyak 1.903.516 visitor yang berjamu ke Kota Malang.(red.al)

Posting Komentar

0 Komentar