Fakta-fakta Penemuan Tengkorak Manusia di Duren Sawit Jakarta Timur

  

Jakarta, tjahayatimoer.net - Heboh penemuan tengkorak manusia di gorong-gorong di Duren Sawit, Jakarta Timur. Tengkorak manusia itu ditemukan bersamaan dengan tiga bagian tulang lainnya dengan kondisi terbungkus kaus.

Pihak kepolisian masih menyelidiki kasus tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

1. Awal Penemuan Tengkorak di Duren Sawit
Tengkorak manusia itu awalnya ditemukan petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur, pada Senin (23/10/2023). Petugas saat itu tengah membersihkan saluran air di Komplek Kavling DKI, Jl Raden Inten II Duren Sawit, Jakarta Timur.

Petugas kemudian menemukan bungkusan kaus di gorong-gorong tersebut. Dan setelah dibuka ternyata bungkusan kaus tersebut berisi tengkorak manusia.

"Saksi sedang bertugas membersihkan selokan gorong-gorong lalu melihat adanya bungkusan kaus berwarna hitam yang berisi kerangka tengkorak berupa kepala dan tulang," kata Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit, AKP Indra Darmawan saat dihubungi, Selasa (24/10).

2. Identitas Korban Diselidiki
Hingga kini, belum diketahui identitas dari tengkorak manusia tersebut. Polisi meminta masyarakat untuk melapor jika merasa kehilangan anggota keluarganya.

"Nggak ada bau. Sementara belum ada laporan orang hilang tadi kita sempat sebar ke media dan masyarakat jika memang ada boleh menghubungi Polsek Duren Sawit," imbuhnya.

3. Kesaksian Petugas yang Temukan Tengkorak
Petugas Sudin SDA Jakarta Timur Erwani (40) menjelaskan tengkorak manusia itu ditemukan pukul 14.15 WIB siang tadi. Saat itu petugas tengah membersihkan saluran air yang berada di depan Kavling DKI Duren Sawit, Jalan Raden Inten II Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Awalnya, kami sedang membersihkan saluran air di sini dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter, tidak tahu ada kerangka manusia. Yang awal menemukan teman saya, menemukan kepala manusia yang masih terbungkus pakaian. Saya penasaran, saya buka dan ternyata benar kepala manusia," kata Erwani, dilansir Antara, Senin (23/10/2023).

Menurut Erwani, gigi tengkorak manusia itu masih utuh. Bahkan rahangnya pun masih menempel.

"Giginya masih ada dan rahangnya masih menempel. Kalau kulit sudah pada terkelupas (tinggal kerangka doang)," kata Erwani.

Petugas SDA pun langsung melaporkan penemuan tengkorak manusia di Duren Sawit itu ke petugas keamanan setempat, kemudian melaporkan ke Polsek Duren Sawit.

4. Warga Setempat Heboh
Penemuan tengkorak dan tulang belulang di gorong-gorong depan Kavling DKI Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim) membuat geger. Warga mengaku kaget atas temuan ini.

"Waduh warga bukan heboh lagi ya. Kalau kaget ya bukan kaget lagi, kita juga gemetaran ini baru pertama kali seumur hidup mengenai penemuan tengkorak kok ada gitu di situ loh," kata petugas keamanan perumahan, Kholid (46) kepada detikcom di lokasi, Selasa (24/10/2023).

Kholid menjelaskan temuan ini diketahui pada Senin (23/10) siang oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA). Dia mengaku langsung memberi laporan kepada ketua RT.

"Betul penemuan kemarin, langsung diurus polisi. Kita pertama, mereka SDA ke saya laporan. Saya koordinasi dengan rekan saya, foto dulu itu tengkorak kepala terus saya laporkan ke pengurus saya, langsung ke RT. Kemudian langsung menuju ke sini (TKP) memastikan ternyata benar ada laporan begitu itu sekitar jam 13.30 WIB," terang Kholid.

5. Tengkorak Diteliti Labfor

Kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter forensik terkait penemuan tengkorak manusia di dalam selokan di depan Kaveling DKI Jalan Radin Inten II Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Sementara hanya tengkorak kepala dan semacam tulang, cuma belum bisa dipastikan untuk tulang tangan atau kaki. Mungkin dari pihak forensik yang nanti bisa tentukan," kata Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Duren Sawit AKP Indra Darmawan.

Menurut dia, butuh pemeriksaan forensik untuk memastikan bagian tubuh yang ditemukan oleh petugas Satpel Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Duren Sawit tersebut. Indra mengimbau masyarakat yang merasa kehilangan keluarganya atau tetangganya untuk segera menghubungi Polsek Duren Sawit.

"Kami dari Polsek Duren Sawit mengimbau kepada warga yang ada kehilangan keluarga atau tetangga, silakan bisa menghubungi pihak Polsek Duren Sawit untuk selanjutnya kami arahkan ke RS Polri," katanya.(red.L)

Posting Komentar

0 Komentar