Salam Pramuka! PERJUSA SMPN 4 Pare

 

Kediri, tjahaytimoer.net –  Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) bagi siswa-siswa kelas 7  SMPN 4 Pare telah diselenggarakan pada tgl 4 sd 5 agustus 2023. Perkemahan ini merupakan agenda wajib yang tiap tahun digelar. Kegiatan perkemahan tahun ini berorientasi pada nilai-nilai spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.


Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) bagi siswa-siswa kelas 7  SMPN 4 Pare telah diselenggarakan pada tgl 4 sd 5 agustus 2023. Perkemahan ini merupakan agenda wajib yang tiap tahun digelar. Kegiatan perkemahan tahun ini berorientasi pada nilai-nilai spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.


Kita ketahui bahwa gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan kepanduan nasional yang mendidik dan membina anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi kader pembangunan bangsa yang cerdas, terampil dan berbudi luhur. Dalam rangka mencapai tujuan ini, Gerakan Pramuka perlu menyelenggarakan kegiatan yang menarik dan mengandung unsur pendidikan sesuai dengan ini dalam Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan (PDMPK), untuk mencapai tujuan tersebut dan dengan memperhatikan tuntutan perubahan jaman yang ditandai dengan pendidikan yang berkarakter dan membentuk generasi yang produktif.

Berlokasi di SMPN 4 Pare, Dibuka dengan upacara pembukaan pada pukul 04.00 WIB, siswa-siswi berbaris sesuai regu yang telah ditentukan. Mereka membentuk barisan angkaree mengitari tiang bendera merah putih.


Adapun sebenarnya beberapa tujuan diadakannya PERJUSA yaitu

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Melatih Kemandirian dan etos belajar kepada Siswa SMPN 4 Pare

Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepramukaan kepada anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 4 Pare

Menumbuhkan minat dan semangat yang mantapp kepada anggota gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 4 Pare untuk menjadi pramuka yang bermoral

Menumbuhkan pengetahuan dan sikap yang baik kepada sesama anggota Gerakan Pramuka

Melatih dan membiasakan anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 4 Pare untuk hidup dan belajar mandiri di alam terbuka

Menumbuhkan semangat untuk berkembang kepada anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 4 Pare sebagai kader penerus bangsa untuk menyongsong perubahan zaman.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan seluruh peserta Perjusa pada hari pertama ialah upacara pembukaan, kehidupan perkemahan, scouting challenge, scouting skills, api unggun, jelajah dan refleksi.


Dalam agenda kehidupan perkemahan, siswa-siswa bersama regunya mendirikan tenda masing-masing dengan kemandirian dan kerja sama regu. Setelahnya, dalam tantangan kepramukaan atau scouting challenge mereka diberikan sajian kegiatan yang menantang sekaligus menarik yang sifatnya semi-outbond. Mereka baik sebagai individu ataupun regu harus dapat melewati tantangan-tantangan yang telah disediakan kakak-kakak pembina. pada malam api unggun, para siswa unjuk kebolehan dengan menampilkan bakat mereka perregu. Penampilan-penampilan yang menghibur dan menakjubkan satu-persatu ditunjukkan.

Tak terasa, selama dua hari semalam pasukan penggalang SMPN 4 Pare telah menghabiskan waktunya dengan Perjusa di Area SMPN  Pare. Digelarnya upacara penutupan sekaligus menjadi ucapan sayonara bagi seluruh peserta. Rombongan harus mengemasi seluruh barang dan tenda, untuk kembali pulang rumah masing-masing bertemu dengan orang tua yang menyambut penuh rindu juga bangga pada Pramuka kita. (red.tim)

Posting Komentar

0 Komentar