Operasi Zebra, Kapolres Tuban Gelar Apel Pasukan

  


Tuban
, tjahaytimoer.net – Ratusan personel Polres Tuban dan gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan Tuban dan Satpol PP Tuban mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 di halaman Mapolres Tuban. Senin (4/9/2023).

Gelar pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2023 dimulai pada tanggal 4 hingga 17 September mendatang dengan tema Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Kapolres Tuban, AKBP Suryono menyampaikan, Operasi Zebra Semeru 2023 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban.

“Titik fokus operasi kita adalah tilang elektronik,” ucap Suryono.

Ia menjelaskan, tilang elektronik lebih mengoptimalkan mobil INCAR dengan mengedepankan pembinaan dan edukasi kepada masyarakat untuk tertib, taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas.

“Sasarannya ada 8 potensi kecelakaan lalu lintas, di antaranya berkendara motor boncengan lebih dari 1 orang, melawan arus, tidak menggunakan helm dan sebagainya,” tutur AKBP Suryono.

Pria asli Bojonegoro ini juga menegaskan bahwa operasi Zebra harus mengedepankan tilang elektronik dan tidak melakukan tilang manual. Sebab, menurutnya menggunakan mobil Incar lebih bisa mobile dari segala pelosok.

“Jadi tidak perlu menggunakan tilang manual, sehingga bisa memanfaatkan 1 mobil Incar yang kami miliki,” terang dia.

Selain itu, Etle di wilayah Kabupaten Tuban baru satu yang di traffic light, pihaknya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk melengkapi kamera CCTV pada setiap sisi kota, agar pemanfaatan Etle dapat digunakan. Sehingga, polisi tidak perlu melakukan tilang manual, tapi dapat memanfaatkan aplikasi kamera CCTV yang ada.

“Kita sudah dorong Pemda untuk melengkapi kamera CCTV yang ada di kota tapi belum terlaksana. Kita akan dorong lagi,” ungkap Suryono.


Adapun titik lokasi operasi yakni selain di wilayah dalam kota juga pelosok kecamatan dan desa. Suryono menghimbau agar masyarakat tertib dan patuh berlalu lintas.

Sebagai informasi, 8 prioritas yang disebutkan oleh Kapolres Tuban yakni sasaran Operasi Zebra Semeru 2023 sebagai berikut :

1. Berboncengan lebih dari 1 orang.

2. Melebihi batas kecepatan.

3. Melawan arus lalu lintas.

4. Tidak memakai helm SNI.

5. Tidak memakai safety belt.

6. Menggunakan handphone saat berkendara.

7. Pengendara di bawah umur.

8. Dalam pengaruh alkohol.

Posting Komentar

0 Komentar