Hutan Gunung Lawu di Wilayah Jogorogo Ngawi Terbakar

 Ngawi, tjahaytimoer.net –  Hutan pinus di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul Petak 38, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara KPH Lawu terbakar pada Jumat (1/9/2023) pukul 18.00 WIB.

Lokasi titik api berada di Hutan Lepas Blok Trincing masuk Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Kapolsek Jogorogo AKP Nur Hidayat mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan bahwa muncul api di kawasan hutan tersebut pada pukil 18.00 WIB. Petugas TNI Polri bersama Perhutani serta warga setempat pun segera menuju lokasi untuk membuat ilaran dengan mengikat dedaunan.

“Namun, upaya kami terkendala kencangnya angin dan medan yang sulit. Ditambah, malam hari kawasan tersebut gelap. Kami tadi sudah naik, total personel yang melakukan pemadaman 40 orang,” kata Nur Hidayat pada beritajatim.com, Jumat (1/9/2023).

Pihaknya pun memutuskan untuk melanjutkan upaya pembuatan ilaran dan pemadaman pada Sabtu (2/9/2023) pagi. Sampai kini api belum padam dan total lahan yang terbakar mulai Jumat (1/9/2023).pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB seluas dua hektar hutan pinus.

“Jarak dari pemukiman warga sekitar 10 kilometer. Lokasinya ini dekat dengan Bulak Peperangan. Kami mengharap bisa memadamkan api sesegera mungkin. Sabtu pagi kami lanjutkan upaya pemadaman ini,” pungkasnya. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar