Gerakan Membaca 1000 buku UPTD SMPN 1 Pagu

Jumat, tjahaytimoer.net –  1 September 2023 UPTD SMPN 1 Pagu mengadakan kegiatan gerakan membaca 1000 buku. Buku yang dibaca bebas sesuai minat siswa bisa berupa novel buku cerita, buku ilmiah populer, kesehatan, hobi dll yang sebagian besar dipinjam dari perpustakaan sekolah dan ada juga yang membawa dari rumah. 


Kegiatan tersebut diikuti oleh 1074 siswa mulai dari kelas 7, 8 dan 9 di halaman sekolah sekolah secara serentak. Dalam aksi membaca 1000 buku dibuka oleh kepala sekolah SMPN 1 Pagu Dra. Niam Isbat Futhona, MM, beliau berpesan agar anak rajin membaca  karena buku gudangnya ilmu.


Gerakan membaca 1000 buku ini merupakan progam dari sekolah bekerja sama dengan kampus mengajar. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa-siswi SMPN 1 Pagu dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan literasi diera digital ini.


Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, menambah kosakata dan tentu saja menambah semangat bagi pelajar dalam menuntut ilmu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


Selain itu manfaat dari membaca juga akan berdampak positif pada kehidupan sosial para siswa-sisi SMPN 1 Pagu. Karena mereka akan belajar berempati kepada orang lain melalui buku yang dibaca. Dia juga akan belajar memahami sudut pandang orang lain yang berbeda.


Membaca juga memiliki manfaat yang membuat orang menjadi lebih fleksibel, meningkatkan rasionalitas dan kreativitas, serta membantu mencegah demensia atau penurunan daya ingat.


Setelah selesai membaca anak-anak mencatat resume di buku literasi tentang apa yang dibacanya. Bagi siswa yang sudah siap resumenya bisa mempresentasikan di depan temannya dengan tujuan mendidik anak lebih percaya diri dan berani tampil di depan umum.(red.nr)

Posting Komentar

0 Komentar