China Open 2023: Lolos ke Perempat Final, Jonatan Christie Masih Harus Adaptasi Lapangan Berangin

Jakarta, tjahaytimoer.net –  Atlet tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil melaju ke babak perempat final China Open 2023. Ia lolos setelah mengalahkan  wakil Kanada, Brian Yang, lewat pertarungan sengit tiga game yang berakhir dengan skor 12-21, 21-15, 21-14.

Bertanding di Olympic Sports Centre Xincheng Gymnasium, Changzhou, Jiangsu, pada Kamis, 7 September 2023, Jonatan kehilangan game pertama. Ia mengaku kesulitan menghadapi angin dan beratnya shuttlecock.

"Di gim pertama sisi lapangan itu ternyata anginnya kencang dan shuttlecock saat posisinya enak untuk menyerang malah tiba-tiba berhenti jadi pukulan saya banyak yang tidak pas," ujar Jonatan setelah pertandingan dalam keterangan tertulis PBSI di Jakarta.

Situasi berubah pada game kedua. Jonatan berhasil memegang kendali permainan meskipun Brian beberapa kali mampu merapatkan selisih poin. "Di gim kedua, lawan beberapa kali bermain dengan ulet dan itu membuat saya kurang sabar tetapi saya mencoba belajar lagi supaya lebih tenang."

"Akhirnya dia yang kewalahan sendiri. Di gim ketiga sudah semakin nyaman karena sudah tahu situasi dan kondisinya," ujar Jonatan yang kini bertengger di peringkat sembilan dunia. 

Jonatan akan menghadapi kompatriotnya di pelatnas PBSI, Shesar Hiren Rhustavito, pada babak perempat final turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut. Ia akan berfokus untuk memperbaiki adaptasinya di lapangan berangin. 

"Besok lawan Vito, siapa saja yang menang tetap Indonesia. Tapi jujur hari ini saya merasa bermain kurang bagus dibandingkan babak pertama lalu, adaptasi terhadap lapangan berangin dan timing pukulan harus diperbaiki lagi di pertandingan berikutnya," kata Jonatan.

Adapun Shesar dapat memenuhi harapannya menghadapi Jonatan di babak perempat final China Open 2023. Ia mengaku telah menyiapkan strategi khusus.

"Untuk besok strateginya harus lebih diperhatikan karena cukup sulit bermain di lapangan berangin seperti ini. Tapi, semoga Jonatan bisa menang dari Brian Yang agar tunggal putra bisa memastikan satu tempat di semifinal," ucap Shesar yang berhasil mengalahkan wakil Malaysia Ng Tze Yong dalam duel sengit tiga game 8-21, 21-11, 22-20.(red.NR)

Posting Komentar

0 Komentar