Cabor Arum Jeram Porprov Jatim VIII Kontingen Putra-Putri Kabupaten Mojokerto Lolos Babak Kualifikasi

 


Mojokerto, tjahaytimoer.net –  Atlet putra dan putri arung jeram Kabupaten Mojokerto berhasil lolos kualifikasi olahraga (Cabor) arung jeram ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII.

Ini setelah mengikuti pertandingan Pintu Rolak 3 Sungai Brantas, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jumat (8/9/2023).

Atlet arung jeram putri Kabupaten Mojokerto mengikuti kategori enam operator atau pendayung (R6) ini berhasil menduduki peringkat empat dengan waktu tempuh 1 menit 23.63 detik. Di kategori R6 putri, posisi pertama ditempati oleh atlet asal kontingen Kota Surabaya, dengan waktu tempuh 1 menit 9.65 detik.

Peringkat kedua, yakni atlet asal kontingen Kabupaten Banyuwangi dengan waktu tempuh 1 menit 14.63 detik. Sementara di posisi ketiga dihuni atlet asal kontingen Kabupaten Probolinggo dengan waktu tempuh 1 menit 14.91 detik. Peringkat keempat yakni kontingen asal Kabupaten Mojokerto

Selanjutnya di peringkat kelima atlet asal Kabupaten Trenggalek dengan waktu tempuh 1 menit 23.86 detik. Tak hanya atlet putri asal Kabupaten Mojokerto, atlet putra asal Kabupaten Mojokerto juga berhasil lolos babak kualifikasi arung jeram kategori empat operator perahu atau pendayung. Kontingen Kabupaten Mojokerto berhasil menempati peringkat ketiga di babak ini.

Peringkat pertama, yakni kontingen asal Kota Surabaya dengan waktu tempuh 1 menit 7.20 detik. Di peringkat kedua, yakni kontingen asal Kabupaten Probolinggo dengan waktu tempuh 1 menit 7.98 detik. Peringkat ketiga yakni kontingen asal Kabupaten Mojokerto dengan waktu tempuh 1 menit 11.37

Sementara di peringkat keempat yakni kontingen asal Kabupaten Banyuwangi dengan waktu tempuh 1 menit 11.65 detik. Sedangkan di peringkat kelima, yakni kontingen asal Kabupaten Tuban dengan waktu tempuh 1 menit 32 detik. Peringkat keenam, yakni Kabupaten Jember dengan waktu tempuh 1 menit 13.41 detik.

Para atlet yang telah lolos babak kualifikasi ini akan melanjutkan pertandingan final cabor arung jeram kategori Head To Head (HTH) baik R4 putra putri dan R6 putra putri pada, Minggu (10/9/2023) mendatang. Mereka akan melanjutkan pertandingan di Pintu Rolak 3 Sungai Brantas, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mojokerto, Suher Didiento mengatakan, meski bukan menjadi cabor unggulan namun diharapkan atlet arum jeram Kabupaten Mojokerto bisa masuk babak empat besar di masing-masing nomor yang dipertandingkan.

“Bukan unggulan tapi kami berharap bisa masuk empat besar di semua kelas, 1-2 (emas-perak). Kalau saya menargetkan 1 (emas), nanti kekhawatiran tidak sesuai. Arum jeram bukan cabor unggulan kami untuk meraih medali emas tetapi masih ada proyeksi sedikit, kemampuan atlet kami juga siap bersaing dengan atlet dari daerah lain. Kami tahu kemampuan atlet kami,” ungkapnya, Sabtu (9/9/2023).

Pengurus Kabupaten Federasi Arum Jeram indonesia (Pengkab Faji) Kabupaten Mojokerto menerjunkan 14 atlet di empat nomor. Mereka diturunkan dalam kategori sprint, head to head, slalom, ataupun down river race. Pada Porprov Jatim VII tahun 2022 lalu, skuad arung jeram nomor down river race mampu mencuri satu medali perunggu. Meski arung jeram saat itu melakoni laga eksibisi di ajang multievent tingkat provinsi tersebut. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar