Berikut Rangkaian Euforia Piala Dunia U-17 Sebelum Digelar di Surabaya

Surabaya, tjahaytimoer.net – Rangkaian euforia menyambut Piala Dunia U-17 pada November akan digelar di Kota Pahlawan. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dipastikan menjadi salah satu venue event internasional tersebut.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pihaknya sudah rapat dengan FIFA soal maskot Piala Dunia U-17. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, tapi tidak boleh sama persis.

Pihaknya sudah meminta izin kepada FIFA untuk desain baru maskot. Jika disetujui, maka akan langsung diproduksi oleh UMKM.

"Maskot menyesuaikan dulu sama FIFA. Boleh tapi nggak boleh sama persis, nggak boleh duplikasi. Persis nggak boleh. Kami gambar dulu, kalau boleh langsung kami perbanyak," kata Eri saat ditemui detikJatim di Stadion GBT, Senin (18/9/2023).

Selain itu, mulai pekan depan akan digelar lomba sepak bola antar kampung. Lomba akan diselesaikan sebelum Piala Dunia U-17 digelar.

"Minggu depan mulai pertandingan tingkat RW, kelurahan, kecamatan, kota menyambut Piala Dunia, sampai menuju 10 November euforianya," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan selain itu juga akan ada kegiatan mengarak trofi.

Dia memastikan Pemkot Surabaya akan menggelar kegiatan mengarak trofi Piala Dunia U-17 meski belum bisa memastikan kapan kegiatan tersebut akan digelar.

"Kami sudah merencanakan ada event untuk mengantar piala dunia. Nanti ada trofi experience jadi mengarak trofi piala dunia. Pak Wali juga menyampaikan biar euforianya semakin kuat disamping ini juga (Timnas) U-17," kata Wiwiek.

Wiwiek menjelaskan konsep mengarak trofi sedang disusun serta menunggu keputusan FIFA. Karena nanti trofi akan ditempatkan di tempat pelayanan publik, seperti Balai Pemuda atau Balai Kota.

"Kalau maskot sudah dibawa dari FIFA, mungkin nanti kita ada logo komposit, itu kita masih minta approval terkait itu. Logonya pemerintah kota yang bisa disandingkan dengan milik FIFA," ujarnya.

Kemudian, untuk wisata olahraga di GBT hingga kini sedang dilengkapi koleksinya. Ia berharap semuanya bisa diselesaikan sebelum Piala Dunia U-17 digelar.(red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar