PMI Pamekasan Partisipasi Distribusikan Air Bersih Gratis


 Pamekasan, tjahaytimoer.net –  Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, ikut serta dan berpartisipasi mendistribusikan air bersih gratis bagi masyarakat terdampak kekeringan di wilayah setempat.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah responsif terhadap kebencanaan, khususnya bagi masyarakat terdampak kekeringan akibat musim kemarau di kabupaten Pamekasan.

“Distribusi air bersih ini kita lakukan sebagai langkah nyata kami membantu masyarakat, khususnya masyarakat terdampak kekeringan di Pamekasan,” kata Kepala Markas PMI Pamekasan, Hairul Saleh, Rabu (23/8/2023).

Untuk musim kemarau tahun ini, pihaknya menyiapkan satu unit armada tangki untuk mendistribusikan air bersih gratis ke sejumlah titik terdampak kekeringan di Pamekasan.

“Berdasar schedule yang ditetapkan, kita memprioritaskan pengiriman air bersih gratis di 4 (empat) kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi kecamatan Galis, Larangan, Pademawu, dan Tlanakan,” ungkapnya.

Titik sasaran pendistribusian tahun ini memang relatif lebih sedikit dibanding sebelumnya, seiring dengan keterbatasan armada tangki yang tersedia. “Namun yang pasti, titik sebaran lebih luas dibanding sebelumnya,” jelasnya.

“Tidak kalah penting, proses pendistribusian air bersih ini juga kita bagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma alias gratis. Serta didistribusikan di titik tandon milik publik dan bukan perorangan,” tegasnya.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, terdapat sebanyak 321 dusun di 77 desa yang tersebar di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan, dinyatakan sebagai titik kekeringan akibat kemarau tahun ini.

Sementara hanya terdapat 2 (dua) kecamatan berbeda di Pamekasan, dinyatakan bebas dari kekeringan. Kedua kecamatan tersebut masing-masing kecamatan Pakong, dan Kecamatan Pamekasan.(red.IY)


Posting Komentar

0 Komentar