Penyebab Pecah Pembuluh Darah Mata: Pakai Lensa Kontak dan Kucek Mata


Jakarta, tjahayatimoer.net -  Masalah mata bukan hanya mata plus dan minus tapi termasuk juga pecah pembuluh darah. Apa penyebab pecah pembuluh darah mata?


Pecah pembuluh darah mata atau disebut perdarahan subconjunctival (SCH) menyebabkan bercak darah muncul di bagian putih mata. Sebenarnya dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya.


Apa itu pecah pembuluh darah mata?
Pecah pembuluh darah mata atau SCH adalah istilah medis ketika pembuluh darah kecil di mata pecah. Hal ini menyebabkan sejumlah kecil darah akan 'bocor' ke sklera atau bagian putih mata.


Pembuluh darah di area ini sangat kecil dan mudah berdarah. Di sekelilingnya dilindungi oleh konjungtiva atau lapisan jaringan tipis dan transparan yang menutupi mata. Ketika pembuluh darah pecah, darah bakal menggenang di bagian bawahnya dan terlihat seperti perdarahan.


Mengutip Mayo Clinic, hal ini bakal menyebabkan mata terlihat merah alam 1-2 minggu.


Lalu apa penyebab pecah pembuluh darah mata?
Pada dasarnya, dokter mengategorikan beberapa risiko penyebab pecah pembuluh darah mata ini menjadi dua kelompok yaitu traumatis dan spontan.


1. Penyebab traumatis
Dalam konteks ini, kata "traumatis" mengacu pada trauma atau cedera fisik yang memengaruhi mata, menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil.


Bisa disebabkan oleh benda asing yang masuk ke mata atau gara-gara menggosok mata terlalu keras. Penyebab umum lain dari jenis cedera ini adalah penggunaan lensa kontak.


Hal ini dapat terjadi secara tidak sengaja saat memasang atau melepas lensa atau karena masalah pada lensa itu sendiri, seperti endapan permukaan atau cacat yang dapat menyebabkan gesekan.


Jika orang menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih lama dari yang disarankan produsen. 


Kondisi yang menyebabkan menggosok mata, seperti sindrom mata kering, alergi, dan blepharitis, juga bisa menjadi faktor penyebabnya. 


Kondisi ini menyebabkan mata tidak nyaman dan kemudian menggosok mata, yang bisa tidak disengaja atau saat tidur dan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.


2. Penyebab pecah pembuluh darah mata secara spontan
Menurut penelitian, di hampir setengah dari semua kasus, dokter tidak mengidentifikasi penyebab SCH. Para ahli menyebut kasus ini spontan, karena terjadi tanpa alasan yang jelas. Istilah lain untuk ini adalah "idiopatik".


Terkadang, pembuluh darah pecah di mata saat tekanan darah tiba-tiba meningkat. Ini bisa terjadi ketika seseorang batuk, muntah, atau melakukan olahraga berat, seperti mengangkat beban berat.


Beberapa kondisi kesehatan juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di mata. Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan hal ini terjadi bahkan jika seseorang minum obat untuk mengatasi kondisi tersebut. Gangguan pembuluh darah lainnya, seperti diabetes dan hiperlipidemia, juga dapat meningkatkan risikonya.


Beberapa kondisi lain yang diasosiasikan dokter dengan SCH adalah:


- enterovirus 70
- Sindrom Stevens-Johnson
- hemokromatosis
- sarkoma kaposi
- penyakit pembuluh darah dermatologis, seperti granulo piogenik


Itulah beberapa penyebab pecah pembuluh darah mata yang harus diwaspadai. (red.js)

Posting Komentar

0 Komentar