MPLS di SMAN 1 Kandat, Kembangkan Potensi Karakter Siswa Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Kediri, tjahayatimoer.net - MPLS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada peserta didik baru agar bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti pembelajaran di SMA Negeri 1 Kandat.


SMAN 1 Kandat menyambut peserta didik baru dengan penuh kekeluargaan. Kegiatan MPLS dikemas dengan berbagai kegiatan sebagai fondasi untuk mewujudkan pelajar berkarakter dan berprestasi.


Kegiatan MPLS di SMAN 1 Kandat di mulai pada Senin, 17 Juli 2023. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan bersama Kepala Sekolah serta jajaran guru dan bertempat di aula sekolah yang dibuka secara serentak oleh gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa melalui video conference zoom meeting. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan santunan dan penanaman pohon bersama.


Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama empat hari, di mana hari pertama diisi dengan beberapa pemateri. Pemateri pertama menjelaskan mengenai Penanaman dan Penumbuhan Akhlak Serta Karakter yang disampaikan oleh Moh. Khoirul Anam, S.Psi dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Kediri. 


Kemudian materi berikutnya disampaikan oleh Bu Amelia Wahyuning serta Bu Putri Ayuning Tyas, S.Pd mengenai Pengenalan Budaya dan Tata Tertib Sekolah. Kemudian berlanjut ke materi Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang dipaparkan oleh Bu Galih Prasasti, S.Pd.Gr.


Hari kedua, Selasa 18 Juli 2023, bertopik tentang Wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Bu Anis Kristanti, S.Pd. Kemudian dilanjutkan materi Pengenalan Warga Sekolah dan Visi-Misi, Program dan Kegiatan SMA yang dipaparkan oleh Pak M. Yasin,M.Pd. Setelah itu dilanjutkan materi Penumbuhan Motivasi Belajar yang disampaikan oleh Pak Budi Hariyanto, M.Pd.

Kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan Fasilitas Sarana dan Prasarana Sekolah serta Pengenalan Stakeholders Sekolah yang dijelaskan oleh Bapak Juri Harsono, M. Pd. Berlanjut ke materi terakhir tentang Pentingnya Pengenalan Kurikulum Sekolah yang disampaikan oleh Pak Hari Purwanto, M.Pd.


Hari ketiga, Kamis 20 Juli 2023, dimulai dengan apel pagi dan materi Kedisiplinan Serta Bela Negara yang dipimpin oleh Bapak TNI/POLRI yang bertempat di lapangan sekolah. Setelah itu lanjut membahas Topik Cara Belajar Efektif yang disampaikan oleh Ibu Khususiyah, S.Pd. 


Berlanjut ke materi Bu Ika Pusparona, S.Pd yaitu materi Profil Pelajar Pancasila. Kemudian materi Wawasan terhadap Macam-Macam Literasi disampaikan oleh Bu Siti Maro’ah, S.Pd. Hari ini para peserta terlihat begitu antusias, ini dapat diamati dengan banyaknya interaksi yang dilakukan oleh antara peserta dengan pemateri. Kemudian di pengujung acara ditutup oleh pengenalan ekstrakurikuler dari siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Kandat kepada peserta didik baru kelas X.


Hari terakhir MPLS diawali dengan school tour dan berlanjut ke materi Wawasan Anti Narkoba oleh BNN Kabupaten Kediri. Kemudian pemberian materi yang bertopik Penumbuhan Motivasi Semangat Melalui Minat dan Bakat Sesuai Kurikulum, yang disampaikan oleh Pak Angga Prasetya, S.Pd. Dan seluruh rangkaian kegiatan MPLS SMAN 1 Kandat tahun pelajaran 2023/2024 ditutup langsung oleh Bapak Drs. Lukijan selaku kepala SMAN 1 Kandat yang bertempat di lapangan indoor sekolah. (red.team)

Posting Komentar

0 Komentar