Lewat Sekolah Orang Tua Hebat UK Petra Komitmen Ikut Eliminasi Kasus Stunting di Surabaya

 

Surabaya, tjahaytimoer.net –   UK Petra Surabaya berkomitmen turut mewujudkan eliminasi kasus stunting di Kota Surabaya lewat program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), Kamis (24/8/2023).

Dalam program ini, para ibu mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan putra-putrinya mengikuti permainan yang merangsang perkembangan motorik anak.

Tanpa gadget, anak-anak tersebut diajak bermain mulai dari perosotan, lego, ayunan, masak-masakan dan lain-lain, dengan didampingi para mahasiswa UK Petra dan kader PKK Siwalankerto. Kemudian mereka juga diberikan makanan bergizi untuk mendukung pertumbuhan.

Dalam proses pembelajaran para ibu tersebut, salah satu dokter di UK Petra Surabaya dr Cyntia Puspa Pitaloka menekankan pentingnya proses persiapan pemberian makanan. Ini dilakukan agar anak dapat tumbuh dengan sehat.

Ia menyampaikan, bahwa sebelum proses memasak, harus dipastikan terlebih dahulu semuanya bersih. Tak hanya tangan saja, tapi juga alat memasak juga diharuskan bersih.

“Lalu secara rutin mengganti talenan, serta membedakan penggunaan talenan untuk bahan makanan protein maupun sayuran. Makanan yang telah selesai diolah sebaiknya maksimal hanya dua jam jika berada di suhu ruangan, selebihnya dimasukkan dalam lemari es,” jelasnya.

Diketahui, SOTH UK Petra Surabaya kali ini merupakan pertemuan terakhir para ibu untuk belajar. Sekolah ini digelar sejak 20 Juli 2023 lalu. Setelah ini, mereka pun bakal diwisuda.

Selain terlibat dalam proses pembelajaran, UK Petra juga memberikan bantuan susu untuk anak-anak balita pra-stunting mulai Juli hingga Desember tahun 2023. Setidaknya ada 108 kotak susu yang dibagikan.

Diketahui, stunting ini disebabkan oleh berbagai faktor. Sehingga, bukan hanya ekonomi, penyakit bawaan, atau kekurangan gizi semata. Namun, pola asuh kurang tepat dari orang tua juga menjadi salah satu pemicunya. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar