Korsleting Listrik, Truk Terbakar Sambar Lahan Tebu di Magetan

 


Magetan, tjahaytimoer.net –   Diduga karena korsleting listrik, satu unit truk ludes terbakar pada Rabu (30/8/2023) pukul 16.00 WIB. Api pun turut membakar tanaman tebu tempat truk tersebut parkir untuk mengangkut muatan tebu di lahan tebu Desa Banjarejo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Kejadian berawal saat truk bernopol AE 8179 NH itu parkir di lahan tebu milik Sadikin (60) warga setempat. Sopir truk yakni Wardoyo (55) warga Desa Sono, Bandungsari, Grobokan, Jawa Tengah. Tiba-tiba, muncul api dari bawah truk. Hingga akhirnya, api menjalar ke daun tebu kering dan membesar. Bahkan, membakar tebu yang hendak dimuat di truk tersebut.

Angin kencang pun membuat pekerja yang mengumpulkan tebu berhamburan. Mereka pun tak berani mendekat karena api yang sangat mudah membesar. Warga sekitar yang melihat kejadian itu pun kemudian menghubungi Damkar Magetan untuk membantu melakukan pemadaman.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Magetan Ali Sukamto mengatakan pihaknya mengerahkan tiga unit kendaraan damkar. Setelah dilakukan dan pemadaman, truk ternyata sudah ludes tinggal rangka besi.

“Diduga api berawal dari bawah truk ya. Sehingga, api langsung menjalar ke daun tebu kering. Kami dapat laporan dari warga langsung menuju ke lokasi. Kami lakukan pemadaman dan pembasahan. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa,” kata Ali pada beritajatim.com, Rabu (30/8/2023).

Kerugian materiil akibat kejadian itu diperkirakan mencapai Rp100 juta. Ali mengimbau pada masyarakat agar tetap waspada terhadap korsleting listrik yang mungkin terjadi pada instalasi listrik baik di kendaraan maupun rumah tangga. Sehingga tak sampai menimbulkan percikan api. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar