Ketua KADIN Malang Resmikan Gerai UMKM di Desa Donomulyo

 

Malang, tjahaytimoer.net –  Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Malang, Priyo Sudibyo, secara resmi meresmikan Gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan nama Domasa atau Donomulyo Maju Bersama pada Rabu (23/8/2023).

Tujuan didirikannya Gerai Domasa adalah untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di sekitar Pasar Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Inisiatif Gerai Domasa ini berasal dari Bima Aminul Karim, seorang pemuda yang telah dianugerahi Penghargaan Pemuda Pelopor tingkat Jawa Timur. Ia telah mengalokasikan tokonya sebagai tempat untuk memajukan produk-produk UMKM dari wilayah Donomulyo.

Upacara peresmian gerai ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia. Priyo mengungkapkan apresiasinya terhadap pembukaan gerai ini karena diharapkan dapat memberikan bantuan dan pendidikan dalam pengembangan serta pemasaran UMKM.

“Bentuk Gerai Domasa ini akan menjadi model awal dan rencananya kami akan membuka gerai serupa di setiap kecamatan,” tegas Priyo Sudibyo pada Kamis (24/8/2023).


Priyo yang akrab dipanggil “Bogank” dan juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, menjelaskan bahwa inisiatif gerai ini berasal dari Bima Aminul, yang juga merupakan anggota Kadin.

“Mas Bima adalah anggota Kadin, jadi kami selalu berdiskusi tentang bagaimana cara terbaik agar Gerai UMKM ini dapat berdiri, berkembang, dan tetap berjaya,” jelas Bogank.

Lebih lanjut, Bogank mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 80 UMKM di Donomulyo, di mana 60 di antaranya telah mendapatkan sertifikat halal. Dari 20 usaha mikro dan menengah di Donomulyo, 2 di antaranya adalah pengrajin batik yang telah terdaftar dan memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Para pengrajin batik yang memiliki HAKI ini merupakan potensi yang unggul. Dengan dukungan berbagai pihak, kami yakin mereka dapat berkembang dengan pesat. Dengan bantuan dari Kementerian Parekraf RI, UMKM di Donomulyo, dalam waktu dekat, berpotensi meraih tingkat nasional. Kami berencana untuk memamerkan produk-produk dari Gerai Domasa ini dalam pameran-pameran mendatang,” tambah Bogank, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Bola Volly Kabupaten Malang dan Pengurus Sepatu Roda. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar