Gubernur Jawa Timur: Ayo Sedekah Oksigen dengan Tanam Mangrove

 

Sumenep, tjahaytimoer.net –   Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur melakukan ‘sedekah oksigen’ dengan menanam mangrove.

“Ayo sedekah oksigen dengan menanam mangrove, karena mangrove ini bisa menyerap CO2 lima kali lipat. Artinya, mangrove bisa memberikan oksigen lebih banyak,” katanya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (23/08/2023) berada di Sumenep untuk.meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap berkapasitas 10.000 Watt di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan. PLTS yang terpasang di atap rusunawa Ponpes Al-Amien Prenduan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Lahan mangrove di Pulau Jawa ini terbesar berada di Jawa Timur. Karena itu, saya tidak bosan-bosannya mengajak untuk bersedekah oksigen,” tandas Khofifah.

Menurutnya, penanaman mangrove di berbagai titik pantai di Jawa Timur menjadi bagian dari sedekah oksigen. Diharapkan dengan penanaman mangrove, bisa mengiringi terwujudnya Net Zero Emission 2060 dan penerapan energi baru terbarukan (EBT).

“Semoga pada November 2023 sudah bisa ditanam 1 juta pohon mangrove. Kita ingin menyiapkan support oksigen untuk dunia,” tandasnya.

Khofifah menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan terus berupaya pemulihan dan penguatan daya dukung alam, serta daya dukung lingkungan. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar