Cara Jurnalis di Bojonegoro Bentengi Pemilih Pemula dari Berita Hoax di Tahun Politik

 

Bojonegoro, tjahaytimoer.net –   Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB) menggelar road show ke sekolah menengah atas sederajat guna memberikan tambahan pengetahuan tentang jurnalistik dan literasi digital. Selain itu juga membentengi para pemilih pemula dari paparan berita hoax jelang tahun politik.

Ketua Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro, Bambang Yulianto mengatakan, dalam kegiatan tersebut, selain memberikan pengetahuan tentang jurnalistik, yang tidak kalah penting adalah membekali para pelajar tentang literasi digital. Terutama terkait ancaman hoax dan keamanan beraktifitas di dunia maya menjelang tahun politik.

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjelang pemilu tren berita bohong atau hoax di media sosial cukup banyak. Dan ini sebagai salah satu upaya untuk menangkalnya,” ujar jurnalis Metro TV itu, Selasa (22/08/2023).

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMKN 5 Bojonegoro, Burhanudin, mengucapkan terima kasih kepada FJTB yang sudah berkenan berbagi ilmu kepada anak didiknya. Melihat antusiasme para siswa, pihak sekolah ke depan berencana untuk memberikan ekstrakurikuler tambahan yakni tentang jurnalistik.

“Selanjutnya kami akan membuat kelas khusus jurnalistik sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Rencananya sebulan sekali mendatangkan teman-teman jurnalis ke sekolah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program sekolah jurnalistik dan literasi digital yang digelar FJTB merupakan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro dan Tuban. Pada kesempatan kali ini digelar di SMK Negeri 5 Bojonegoro.

Acara yang berlangsung di ruang bengkel sekaligus dijadikan gedung serba guna ini, diikuti sebanyak 50 orang peserta, yang terdiri dari perwakilan siswa masing-masing kelas. Sementara dua narasumber kalangan jurnalis yang dihadirkan, yakni Dedi Mahdi dan Bagas Dhani Purwoko. (red.IY)

Posting Komentar

0 Komentar