Sambut Bulan Suci Ramadan, Pemkab Kediri Gelar Parade Cikar

 




Kediri, tjahayatimoer,net -, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri kembali menggelar parade cikar dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Sabtu (18/3/2023).

Parade yang diikuti sebanyak 32 cikar atau gerobak sapi tersebut, digelar dalam rangka memperingati HUT ke-1.219 Kabupaten Kediri sekaligus sebagai upaya melestarikan cikar sebagai alat transportasi.

Puluhan cikar atau gerobak sapi, biasa digunakan masyarakat pedesaan untuk mengangkut hasil bumi tersebut, turut serta dalam parade yang diadakan di kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG).

Uniknya, cikar atau gerobak yang ditarik menggunakan hewan sapi tersebut, juga dihias dan juga membawa berbagai hasil bumi. Hal ini sebagai wujud syukur akan datangnya bulan suci Ramadan.

Parade cikar mengambil start di Taman Totok Kerot dan berjalan mengelilingi kawasan wisata Simpang Lima Gumul, yang merupakan salah satu ikon Kabupaten Kediri.

Setelah sampai di garis finish, aneka hasil bumi yang ditaruh di cikar atau gerobak sapi tersebut, langsung menjadi rebutan warga.

Salah satu kusir cikar, Ferri mengaku sangat senang dengan adanya parade cikar yang dilaksanakan oleh Pemkab Kediri. Pasalnya, parade ini sebagai bentuk melestarikan transportasi tradisional peninggalan nenek moyang.

"Kami sangat senang dengan adanya parade ini, karena untuk melestarikan transportasi kuno. Karena jika hari-hari biasa cikar atau gerobak sapi ini hanya digunakan untuk membawa pasir atau kompos ke sawah," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan, acara parade cikar ini untuk menguri-uri atau melestarikan peninggalan nenek moyang. Pasalnya, cikar atau gerobak sapi salah satu transportasi zaman dulu yang hingga kini masih digunakan.

"Parade ini untuk melestarikan peninggalan nenek moyang. Karena cikar atau gerobak sapi salah satu transportasi zaman dulu yang hingga kini masih digunakan oleh sebagian masyarakat," jelas Tutik.

Rencananya, parade cikar atau gerobak sapi ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun, dan masuk dalam kalender wisata Pemkab Kediri. (red)


Posting Komentar

0 Komentar