TNI Sebut Foto Diduga Pilot Susi Air Pegang Bendera Bintang Kejora adalah Hoaks

  


Jakarta, tjahayatimoer.net - Pangilam Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menanggapi foto diduga pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens memegang bendera Bintang Kejora. Ia menyebut Warga Negara Asing yang ada di dalam foto tersebut bukanlah Mehrtens.


Saleh mengatakan pihaknya telah melakukan penelusuran terhadap kebenaran foto tersebut. Hasilnya, kata dia, foto WNA yang sedang memegang bendera Bintang Kejora milik Organisasi Papua Merdeka tersebut diambil dari sebuah berita sekitar satu tahun lalu.


“Setelah ditelisik, ternyata WNA dalam foto tersebut berasal dari berita satu tahun silam, yaitu 24 Februari 2022, yang di dalam medsos si WNA terlihat berdiri di tengah-tengah pasukan bersenjata,” kata Saleh melaui keterangan tertulis pada Sabtu, 11 Februari 2023.


Saleh menyayangkan adanya kabar yang berkembang setelah foto itu menjadi viral di masyarakat. Sebab, kata dia, baik TNI maupun Polri hingga saat ini masih terus melakukan pencarian terhadap Mehrtens pasca kejadian pembajakan pesawat oleh kelompok bersenjata.


“Personel Susi Air masih diduga bersama kelompok separatis teroris dan terus dilakukan pencarian sesuai kondisi lapangan,” ujar Saleh melalui keterangan tertulis.


Komandan Resor Militer 172/PWY Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring juga mengatakan informasi yang disebarkan oleh kelompok separatis mengenai penyerangan di Kabupaten Nduga merupakan berita bohong. Dalam berita tersebut, kata dia, TNI dikabarkan melakukan penyerangan terhadap masyarakat Paro.


“Semua itu tidak benar, itu adalah upaya provokasi gerombolan kelompok separatis teroris dan simpatisannya,” kata Junita.


Oleh sebab itu, Junita meminta agar masyarakat tidak mudah termakan hasutan provokasi dari berita bohong yang disebarkan oleh kelompok separatis. Ia menyarankan agar masyarakat memeriksa terlebih dahulu keaslian suatu berita.


“Itulah provokasi dan pemutarbalikan fakta. Jika terus dilakukan tentu bisa melanggar undang-undang,” ujarnya dalam keterangan tertulis.


Sebelumnya, viral foto seorang Warga Negara Asing yang memgang bendera Bintang Kejora. Dalam foto tersebut, WNA yang merupakan seorang pria terlihat disampingnya berdiri dua orang terduga KKB sedang memegang senjata laras panjang.


Foto tersebut menjadi viral setelah beredar di media sosial. Foto tersebut juga dinarasikan WNA yang memegang bendera Bintang Kejora merupakan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens.


Sebelumnya, Pesawat Susi Air PK-BVY milik Susi Pudjiastuti dengan rute penerbangan perintis Timika - Paro yang mereka tumpangi dirusak oleh kelompok separatis TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya setelah landing di Lapangan Terbang Apro, Selasa, 7 Februari 2023 pukul 06.17 WIT. (Red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar