TNI-Polri Datangi Kampung Adiarsa Barat yang Terkena Luapan Air


Karawang, tjahayatimoer.net -, Musim penghujan yang melanda beberapa daerah di Indonesia mengakibatkan banjir tak tertahan, begitu pun di Kabupaten Karawang, tak terkecuali di Kampung Adiarsa Pusaka Rt 02/06 Kelurahan Adiarsa Barat, Karawang.

Sehubungan intensitas hujan cukup tinggi, Bhabinkamtibmas Polsek Karawang Kota Aipda H. Sunardi bersama Babinsa TNI Sertu Tarmuji mengambil langkah-langkah antisipasi dengan memantau kondisi di areal Kampung Adiarsa Pusaka Rt 02/06, Selasa (28/2/2023).

“Kami memonitoring titik lokasi yang terendam banjir yang diakibatkan hujan terus menerus,” ungkapnya yang saat itu bersama Babinsa TNI.

“Hal itu dikarenakan curah hujan yang tinggi, sehingga debit air Sungai Citarum jadi naik,” lanjutnya.

“Rata-rata untuk wilayah Kelurahan Adiarsa Barat secara menyeluruh tidak terdampak banjir. Hanya air selokan atau drainase yang meluap lebih kurang setinggi 20 centimeter,” jelas Aipda H. Sunardi.

Terpisah, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Karawang Kota Kompol Marsono menuturkan, kedatangan anggota TNI-Polri ke titik lokasi banjir ialah untuk memantau apakah banjir tersebut berdampak luas atau tidak.

“Untuk kemudian mengambil langkah-langkah pencegahan demi meminimalisir resiko banjir yang kapan saja bisa terjadi,” jelas Kapolsek.

Berdasarkan laporan Aipda H. Sunardi, banjir di areal Kampung Adiarsa Pusaka Rt 02/06 karena debit air Sungai Citarum naik akibat intensitas hujan yang tinggi. Sedangkan keseluruhan wilayah Kelurahan Adiarsa Barat hanya mengalami selokan air atau drainase yang meluap kurang lebih setingi 20 centimeter.

Tak hanya itu, petugas sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat, baik yang terdampak langsung maupun yang terdampak secara tidak langsung.

Kapolsek mengingatkan, potensi terjadinya suatu bencana selalu ada sepanjang waktu, maka diperlukan pengelolaan secara terpadu dan menyeluruh.

“Hal tersebut dirasa penting untuk semua pihak. Karena itu perlu kesiapsiagaan para instansi terkait guna menanggulangi supaya banjir tidak datang kembali,” sebut Marsono.

Kapolsek menandaskan, penanggulangan itu bertujuan demi menghindari kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir.(red ws)

Posting Komentar

0 Komentar