Sebab Dan Dampak Dari RSUD Bandung Kiwari Kebakaran.

  


Bandung,  tjahayatimoer.net - RSUD Bandung Kiwari kebakaran pada Rabu (1/2/2023). Sejumlah pasien dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut.
Lantas, apa yang menyebabkan insiden kebakaran tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

RSUD Bandung Kiwari Kebakaran, Ini Titiknya
Kebakaran melanda RSUD Bandung Kiwari di Kopo, Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/2/2023) sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Diketahui, kebakaran terjadi di Ruangan Unit Perawatan Intensif (ICU) yang terletak di lantai empat rumah sakit.
Saat kebakaran, pasien sempat berhamburan. Mereka dievakuasi ke halaman rumah sakit serta beberapa di antaranya dirujuk ke rumah sakit lain.

Dugaan Penyebab RSUD Kiwari Bandung Kebakaran
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan dugaan penyebab kebakaran di RSUD Kiwari Bandung. Ia menyebut kebakaran diduga berasal dari alat sterilisasi udara.

"Alat, jadi steril udara. Dia (alat) berpotensi sebenarnya asapnya saja gitu yang besar. Ya, jadi apinya sih nggak gitu. Satu alat kecil sebetulnya," kata Yana, Rabu (1/2/2023).

Sementara itu, Dirut RS Bandung Kiwari Yorisa juga menjelaskan kebakaran berasal dari mesin steril udara di Ruang ICU lantai empat rumah sakit.

"Jadi sebetulnya ini sumbernya ada asap yang tebal di lantai empat mesin steril udara tapi sudah tertangani, semua kondisinya gelapnya mengepul karena asap tapi semua sudah tertangani di lantai empat seluruh pasien dengan petugas tadi sudah dilakukan evakuasi semuanya sudah berkumpul di titik kumpul di IGD jadi sekarang IGD jadi pelayanan semua pasien di sisir ditelusuri takut ada tertinggal, tapi lantai lain pun di tujuh ke atas kami lakukan evakuasi," ungkap Yori, Rabu (1/2/2023).

Pasien Dirujuk ke Rumah Sakit Lain
Puluhan pasien bayi yang dirawat di Ruang ICU Rumah Sakit Bandung Kiwari dievakuasi. Ada yang dipindahkan ke Ruangan IGD, ada juga yang dirujuk ke rumah sakit lain, salah satunya ke RS Imannuel Bandung.

"Detail pasien kami data, update terus tapi pasien lantai empat sudah semua tertangani di IGD pasien itu ada juga yang memerlukan bantuan pernapasan kami sudah koordinasi dengan RS terdekat," kata Dirut RS Bandung Kiwari Yorisa, Rabu (1/2/2023).

"Sudah ada rujukan sekitar ada sekitar 20 bayi dan ibu ini data detail diupdate terus," tambahnya.

RSUD Bandung Kiwari Kebakaran: Sudah Ditangani
Kebakaran di RSUD Bandung Kiwari sudah berhasil ditangani. Setelah pengecekan secara menyeluruh, tidak ada potensi api lagi di rumah sakit tersebut.

Alhamdulillah sudah tertangani, pendinginan juga udah selesai. Dan, dicek seluruh area nggak ada potensi api lain," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu (1/2/2023).

(red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar