Prakiraan Cuaca BMKG: Siklon Tropis Freddy, Hujan, Gelombang, Siaga 3 Provinsi

 

Jakarta, tjahayatimoer.net - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memantau pergerakan Siklon Tropis Freddy di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dengan kecepatan angin maksimum 70 knot dan tekanan udara minimum 970 mb.

Sistem ini bergerak ke arah barat dengan potensi persisten dalam 24 jam ke depan dan menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot/low level jet dan membentuk daerah perlambatan kecepatan angin di Samudra Hindia selatan Jawa. 

Dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa angin kencang lebih dari 25 knot di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Siklon ini juga berdampak pada tinggi gelombang 2.5-4.0 meter di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur. 

Sementara tinggi gelombang 4.0-6.0 meter berpotensi di perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan dan Samudra Hindia selatan Banten.

Pusat tekanan rendah masih terpantau berada di Australia bagian utara. Sistem ini membentuk daerah konvergensi dari Laut Timor hingga Laut Arafura, dan di Australia bagian utara, serta menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot dari Laut Banda hingga Laut Arafura.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Aceh. Sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan Kepulauan Nias hingga Aceh dan menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot di Samudra Hindia barat Sumatera Utara.

Hujan berpetir pada hari Minggu, 12 Februari 2023, diperkirakan terjadi di Jambi, Surabaya, Samarinda dan Kupang. Hujan lebat kemungkinan terjadi di Mamuju.

Hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Denpasar, Bandung, Bandar Lampung, Mataram dan Makassar. Hujan dengan intensitas ringan kemungkinan terjadi di Bengkulu, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate,  Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, Manado, Padang, Palembang dan Medan.

Suhu udara berkisar 18-33 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Gorontalo, Surabaya dan Pontianak.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status siaga di Banten, NTT dan Sulawesi Selatan. (Red.Sl)

Posting Komentar

0 Komentar