Jokowi Resmikan 2 Terminal di Sumatera Utara.

   


Medan,  tjahayatimoer.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Amplas, Medan, dan Terminal Tanjung Pinggir, Pematang Siantar, Sumatera Utara. Jokowi berbicara soal kemacetan yang kini terjadi di kota-kota besar di Indonesia.

"Kemacetan sekarang ini tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di luar Jakarta, kota-kota besar misalnya, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota-kota besar yang lainnya mulai mengalami macet yang sudah mulai harus kita perhatikan," kata Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (9/2/2023).

Jokowi mengatakan fasilitas terminal bus yang baik sangat dibutuhkan masyarakat. Jokowi tidak ingin ada terminal yang kotor dan banyak preman.

"Sehingga fasilitas yang namanya terminal bus yang baik, yang bersih, yang nyaman, yang para penumpang itu tidak seperti terminal-terminal yang lalu lalu, yang kotor, yang banyak premannya, siapa yang mau naik bus, kalau hal tadi masih terjadi," ujar Jokowi.

Jokowi mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal. Dia mencontohkan Jakarta yang sudah memulai menggunakan MRT.

"Di Jakarta sudah kita mulai MRT, sebentar lagi LRT jadi, sebentar lagi kereta cepat antarkota Jakarta-Bandung juga selesai," ujar Jokowi.

Jokowi berharap kota-kota lainnya di Indonesia mulai berpikir untuk membangun MRT hingga LRT. Jika tidak demikian, Jokowi mengatakan kemacetan akan terus terjadi.

"Dan kita harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT dan moda transportasi massal lainnya. Kalau tidak kedahuluan macet, jalan tidak bisa dilebarkan akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada yang namanya kendaraan pribadi," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap budaya menggunakan transportasi massal meningkat setelah adanya pembangunan Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir. Jokowi berharap terminal yang menelan biaya sekitar Rp 43 miliar itu memberikan pelayanan terbaik kepada warga.

"Tadi saya bertanya ke driver dari sini ada yang ke Pekanbaru, ada yang ke Dumai, ada yang ke Jakarta, ada juga yang ke Pematang Siantar, ada juga dari sini menuju ke bandara. Pelayanan itulah yang ingin diberikan oleh terminal Amplas Kota Medan ini," ujar Jokowi.

Hadir dalam peresmian itu Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi hingga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

(red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar