Jet Tempur Belanda Cegat Tiga Pesawat Militer Rusia di Atas Polandia



JAKARTA, tjahayatimoer.net -- Dua jet tempur F-35 Belanda mencegat formasi tiga pesawat militer Rusia di atas Polandia dan mengawal mereka keluar. Hal ini diungkapkan kementerian pertahanan Belanda dalam sebuah pernyataan Senin malam.


“Pesawat tak dikenal itu mendekati area tanggung jawab NATO di Polandia dari Kaliningrad,” menurut terjemahan Reuters pada Selasa 14 Februari 2023 dari pernyataan kementerian tersebut.


Kaliningrad adalah kantong pantai Baltik Rusia yang terletak di antara anggota NATO dan Uni Eropa, Polandia dan Lituania.


“Setelah diidentifikasi, ternyata ada tiga pesawat: IL-20M Coot-A Rusia yang dikawal oleh dua Su-27 Flanker. Jet F-35 Belanda mengawal formasi dari jarak jauh dan menyerahkan pengawalan tersebut kepada mitra NATO."


Il-20M Coot-A adalah nama pelaporan NATO untuk pesawat pengintai Rusia Ilyushin Il-20M, sedangkan Su-27 Flanker adalah nama pelaporan NATO untuk pesawat tempur Sukhoi Su-28.


Kementerian pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Kementerian pertahanan Belanda mengatakan bahwa delapan jet tempur F-35 Belanda ditempatkan di Polandia selama Februari dan Maret. (Red.Sl)

Posting Komentar

0 Komentar