Inilah 5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia

  


Jakarta, tjahayatimoer.net - Korban tewas akibat gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah dilaporkan terus meningkat. Laporan AFP menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 17.513 jiwa.


Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 7,8 itu menambah daftar gempa dengan jumlah korban jiwa terbanyak dan kekuatan yang besar. Dilansir dari laman Australian Geographic, berikut lima gempa bumi terdahsyat di dunia: 


1. Gempa Chili


Gempa Chili yang terjadi di Valdivia menjadi gempa terbesar di dunia. Gempa yang terjadi pada 1960 ini memiliki Magnitudo mencapai 9,5. Gempa ini menewaskan 1.655 jiwa. Gempa ini juga diiringi dengan datangnya tsunami. Kerugian akibat gempa ini ditaksir mencapai Rp 8,6 triliun dan menyebabkan 2 juta penduduk harus mengungsi.


2. Gempa Alaska


Gempa Alaska terjadi pada 1964 di Alaska, Amerika Serikat. Pusat gempa ini berada di Prince William Sound. Gempa ini memiliki kekuatan mencapai 9,2 SR. Gempa Alaska menyebabkan bangunan yang rusak di berbagai tempat dan kerugian akibat gempa ini ditakasir mencapai Rp 4,1 triliun.


3. Gempa Aceh


Gempa Aceh di Indonesia terjadi pada 26 Desember 2004. Gempa ini berkekuatan Magniudo 9,1 dan menyebabkan terjadinya tsunami setelah gempa. Gempa ini menelan korban jiwa lebih dari 100 ribu jiwa. Bahkan, tsunami akibat gempa ini mencapai Thailand dan Sri Lanka.


4. Gempa Jepang


Gempa yang terjadi di Tohoku, Jepang, ini terjadi pada 2011 dengan kekuatan 9,1 SR. Dalam catatan National Geographic, kurang lebih 15.000 orang meninggal dunia. Gempa ini juga menyebabkan bocornya reaktor nuklir di Fukushima.


5. Gempa Kamchatka


Gempa Kamchatka terjadi di Rusia pada 1952. Gempa ini berkekuatan 9 SR dan menyebabkan terjadinya tsunami setelah terjadi gempa. Korban akibat gempa ini mencapai kurang lebih 15.000 jiwa.

(Red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar