Fakta-Fakta Kejadian Singa Tabrak Mobil Pengunjung di Taman Safari Prigen.

    


Surabaya,  tjahayatimoer.net - Bikin dag dig dug pengunjung, dua ekor singa di Taman Safari Indonesia II, Prigen, Pasuruan berkelahi. Keduanya berkejaran hingga menabrak mobil Toyota Yaris berwarna merah.
Aksi perkelahian ini terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial. Salah seorang warganet yang berada di belakang mobil merekam kejadian ini. Perkelahian ini terjadi pada 22 Januari 2023.

1. Pemilik Mobil Ungkap Suasana Dag Dig Dug
Suasana kepanikan begitu terasa dalam mobil tersebut. Belakangan diketahui pengunjung dalam mobil tersebut adalah Febrian Permana. Dia membagikan video kejadian ini lewat akun Instagramnya, @febrianpp.

Awak Media telah mendapat izin untuk memberitakan video dari sudut pandang di dalam mobil. Istrinya saat itu duduk di sebelah sopir.

"Here we go... Versi istri saya... duduk di sebelah kiri depan..." tulis Febrian dalam caption-nya yang dilihat Awak Media, Minggu (12/2/2023).

Dalam video juga tampak dua singa itu berkelahi dan berlari ke arah mobil. Terdengar suara ketakutan saat dua singa itu mengarah ke mobil.

"Aduh duh takut. Aduh... Astaghfirullahalazim," kata salah seorang perempuan di video tersebut.

Mobil langsung bergoyang saat singa itu menabrak. Suasana panik dan kaget dalam mobil begitu tampak saat mobil itu ditabrak singa.

2. Tak Dapat Ganti Rugi
Pemilik akun menyebut, kerusakan mobilnya ini tidak mendapat ganti rugi dari pihak Taman Safari Indonesia II, Prigen. Hal itu dijelaskan saat menjawab pertanyaan warganet.

Seperti akun @bintangaurel: Mba apa ada ganti rugi? penasaran
@febrianpp: gaa ada kak

Hal senada juga ditanyakan akun @tifany_pujihastuti: Ya ampun, pengalamannya berasa beneran di alam bebas ya. Btw kalo mobil rusak gitu di Taman Safari, biaya ditanggung sendiri atau dibayarin ya? serius nanya
@febrianpp: Kalau keterangannya gak diganti kak...insyaAllah ikhlas...toh juga risiko

3. Segini Biaya Perbaikan Mobil
Sang pemilik mengaku meski tabrakannya terasa kencang, tetapi tidak ada kerusakan serius pada mobilnya. Hanya saja, bagasi mobil tersebut agak bergeser. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan tak sampai Rp 1,5 juta.

"Untuk kerusakan alhamdulillah tergolong ringan ya meskipun terasa kencang guncangannya. Pilar belakang kiri, lampu belakang dan bagasi agak geser posisinya," ujar Febrian saat dihubungi, Minggu (12/2/2023).

"Komponen di-repair dan ada part yang diganti total nggak sampai Rp 1,5 juta. Alhamdulillah mobilnya kuat," tambahnya.

Penyebab perkelahian dua singa Taman Safari Prigen, baca di halaman selanjutnya.

4. Tak Ada Pengunjung Luka
Pihak Taman Safari Prigen pun buka suara. Ia memastikan tidak ada pengunjung yang terluka dalam insiden tersebut. Hanya saja, lampu sein belakang mobil yang ditabrak singa itu memang pecah.

"Untuk pengunjung yang menjadi korban kejadian tersebut pun juga dalam kondisi yang sehat dan tidak ada cedera," kata Taman Safari Indonesia II Jawa Timur melalui siaran resmi yang diterima oleh Awak Media, Minggu (12/2/2023).

5. Ternyata Rebutan Betina
Belakangan diketahui kedua singa itu tengah berduel memperebutkan betina. Taman Safari Prigen menjelaskan dua singa jantan yang berkelahi itu bernama Debo dan Frans.

Saat perkelahian itu terjadi, mereka sedang menunjukkan kebiasaan alami atau natural behavior. Keduanya saling menunjukkan kekuatan di depan kawanan singa betina.

"Dalam kelompok mereka terdapat 8 ekor betina (Gendis, Garnis, Vivi, Fina, Pikanin, Mafuta, Feneli, dan Felisha), di mana terdapat betina yang memasuki masa kawin (siklus birahi)," ungkap Taman Safari Prigen.

Diketahui, dalam sebuah Pride atau kelompok singa, biasanya ada lebih dari satu ekor singa jantan. Namun, di antara kawanan itu, hanya akan ada satu singa jantan yang dominan atau disebut Alpha Male.

"Sehingga saat ada betina yang memasuki masa kawin, maka singa-singa ini akan menunjukkan siapa yang lebih kuat di antara mereka," tambah Taman Safari Prigen.

6. Detik-detik Perkelahian
Persaingan dua singa jantan itu yang kemudian terekam oleh kamera pengunjung. Debo sang Alpha Male berusaha mengusir Frans yang hendak mendekati singa betina. Debo beranggapan Frans ingin bertarung untuk merebut betina yang ada dalam kawanan.

Frans yang terdesak berusaha mundur dari kejaran Debo. Dia berlari ke arah seberang karena dirasa lebih aman. Namun, saat bersamaan, antrean kendaraan pengunjung mengular.

"Sehingga terjadi lah singa Frans menabrak sebuah mobil berwarna merah. Akibat kejadian ini, mobil tersebut mengalami pecah sein sebelah kiri," sebut Taman Safari Prigen.

7. Dua Singa Diobservasi
Meski demikian, kedua singa yang sempat berkelahi dalam keadaan sehat dan tak terjadi luka serius. Tak terkecuali pengunjung taman safari yang mobilnya sempat tertabrak Frans.

"Sebagai informasi, saat ini kedua singa (baik Debo maupun Frans) dalam kondisi yang sehat, namun mereka tetap kita lakukan observasi lanjutan untuk memastikan satwa-satwa ini dalam kondisi yang benar-benar baik," jelas Taman Safari Prigen.

"Untuk pengunjung yang menjadi korban kejadian tersebut pun juga dalam kondisi yang sehat dan tidak ada cedera," tandasnya.

(red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar