BPH Migas Usulkan Motor Diatas 150CC Tidak Lagi Mengkonsumsi Pertalite.

    


Surabaya,  tjahayatimoer.net - BPH Migas mengusulkan motor di atas 150 cc tidak lagi bisa mengkonsumsi Pertalite. Usulan tersebut untuk membatasi penggunaan BBM Pertalite.

Untuk diketahui, pemerintah masih melakukan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Dalam revisi Perpres tersebut, pengguna Pertalite yang tergolong sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) akan diatur.

Hingga saat ini tidak ada ketentuan khusus terkait penggunaan Pertalite. Pemilik mobil apapun masih bisa membeli Pertalite. Sehingga berdasarkan usulan tersebut, nantinya hanya kendaraan dengan spesifikasi ditentukan yang boleh mengisi BBM RON 90 itu.

Anggota BPH Migas Abdul Halim mengungkapkan ada dua skenario yang disiapkan untuk kendaraan roda empat berpelat hitam.

Yang pertama, melarang seluruh kendaraan pribadi pelat hitam untuk mengkonsumsi Pertalite. Kemudian skenario kedua adalah membatasi mobil berdasarkan kubikasi kapasitas mesin tertentu.

"Kemudian mobil pelat hitam ada dua skenario, seluruh mobil pelat hitam akan dilarang atau opsi dua mobil dengan kapasitas maksimum 1.400 cc nah ini revisi yang kita ajukan opsinya," kata Abdul dalam sebuah diskusi yang disiarkan akun YouTube INDEF.

Bukan hanya mobil, kendaraan roda dua juga masuk dalam usulan tersebut. Abdul menjelaskan nantinya hanya motor di atas 150 cc yang tidak lagi bisa mengkonsumsi Pertalite.

"Dari sisi JBKP itu ada pembatasan, terutama untuk motor semuanya kecuali motor yang di atas 150 cc, itu skenario-skenarionya," tambah Abdul.

Bila usulan tersebut disepakati, hanya motor-motor dengan kapasitas mesin 110 cc, 125 cc dan 150 cc saja yang masih bisa menggunakan BBM RON 90 milik Pertamina itu.

Lantas motor apa saja yang di atas 150 cc yang berpotensi tidak bisa mengkonsumsi Pertalite? Berikut tim Awak Media merangkum deretan motor berkapasitas di atas 150 cc, yang berpotensi dilarang menenggak Pertalite lagi.

Honda
Honda PCX 160
Honda ADV 160
Honda Vario 160
Forza 250
CBR250RR
CRF250 Rally
Lini moge Honda

Yamaha
Yamaha Nmax
Yamaha Aerox
XMAX
TMAX
MT-25
R25
Lini moge Yamaha

Kawasaki
Ninja 250SL
Ninja ZX-25R
Ninja 250
Versys-X 250
KLX250
Lini moge Kawasaki

Suzuki
Gixxer SF 250
Lini moge Suzuki

(red.Df)

Posting Komentar

0 Komentar