SMPN 1 Kepung Sukses Gelar P5 Kearifan Lokal

Kepung, tjahayatimoer.net - Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan dilakukan sedemikian rupa dengan berbagai pertimbangan dan target pada waktu tertentu. Penyesuaian dengan kondisi terkini menjadi sesuatu yang sangat menjadi perhatian.

Pola pendidikan dan pengajaran yang lebih bermakna, kontekstual dan berpihak pada anak lebih ditekankan sesuai dengan harapan Ki Hajar Dewantara. Menciptakan pelajar yang sesuai dengan profil pelajar pancasila melalui potensi dan kodrat yang ada sehingga mampu bersaing dalam dunia global di segala aspek kehidupan.

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar pancasila yang ditekankan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler dikuatkan lagi didalam kurikulum merdeka melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Demikian juga di UPTD SMPN 1 Kepung, kegiatan projek dilaksanakan pada tahap awal karena kegiatan projek belum menjadi kebiasaan dan masih sebagian kecil pendidik yang melaksanakan pembelajaran berbasis projek. 

Sehingga dalam tahap ini dilaksanakan kegiatan P5 sebagai latihan pembiasaan serta proses belajar bersama antara pendidik dan peseta didik dalam menyongsong perubahan dan perkembangan dunia dalam segala aspek kehidupan.

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di UPTD SMPN 1 Kepung dengan tema Kearifan Lokal bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik dalam membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri (mencari), melalui eksplorasi pengolahan bahan empon-empon dengan memanfaatkan teknologi. 

Diharapkan kegiatan P5 memberikan manfaat bagi satuan pendidikan yaitu UPTD SMPN 1 Kepung sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan kamunitas petani di lingkungan sekitar. 

Bagi pendidik kegiatan P5 bermanfaat dalam mengembangkan kompetensi keterbukaan berkolaborasi dengan pendidik mata pelajaran lain, juga sebagai cara memberi ruang dan waktu bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila.

Kegiatan P5 di UPTD SMPN 1 Kepung dilaksanakan secara blok selama 2 minggu mulai tanggal 11 sampai dengan 23 Desember 2022.

Pelaksanaan puncak perayaan P5 dilaksanakan pada tanggal 22-23 Desember 2022 dengan acara pendukung jalan santai, kreasi dan kebersihan kelas, demonstransi praktik pengenalan dan pengolahan empon-empon, kreasi penyajian makanan yang mengandung olahan empon-empon, kreasi layang-layang bertema profil pelajar pancasila, kreasi tari profil pelajar pancasila.

Melalui kegiatan P5 yang berkelanjutan diharapkan kepada semua warga sekolah mampu mengembangkan kreatifitas, wawasannya secara berkolaborasi, aktif berbagi praktik baik, dan khususnya bagi peserta didik mampu mengembangkan minat, bakatnya secara mandiri dan memiliki kepribadian sesuai Profil Pelajar Pancasila, sebagai wujud implementasi Kurikulum Merdeka di UPTD SMPN 1 Kepung. (Red.Bs)

Posting Komentar

0 Komentar